Cleo Indonesia

What It Takes To Be A Successful Womenpreneur

Menjadi pengusaha perempuan yang sukes bukanlah hal yang mustahil.
 

Menjadi seorang womenpreneur bukanlah hal yang mudah dan mempunyai tantangan tersendiri. Namun tidak berarti hal tersebut sesuatu yang mustahil. Menurut laporan International Finance Corporation disebutkan bahwa 51% dari usaha kecil dan 34% dari usaha menengah yang ada dimiliki oleh perempuan. Lalu, apa yang dibutuhkan untuk menjadi pengusaha perempuan yang sukses?
 
Mengetahui kesempatan dan rintangan yang ada
Sebelum mengambil sebuah keputusan, ketahui terlebih dahulu manfaat yang bisa Anda dapatkan dan resiko yang Anda harus hadapi.
 
Putuskan apa yang Anda inginkan.
Apa tujuan utama Anda dalam berwirausaha? Ketika Anda mengetahui tujuan utama Anda, Anda dapat melakukan evaluasi dan lebih memahami bagaimana bisnis Anda dapat membantu Anda dalam mencapai tujuan, baik secara finansial, pribadi atau keluarga.
 
Temukan Mentor yang Tepat
Seorang mentor dapat membantu Anda mencapai target yang diinginkan, dan juga memberikan arahan untuk menyelesaikan masalah-masalah yang akan Anda hadapi.
 
Manajemen Waktu yang Baik
Anda akan menemukan bahwa menyesuaikan waktu menjadi tantangan tersendiri, oleh karena itu manajemen waktu menjadi salah satu kunci utama agar usaha Anda dapat berjalan lancar.
 
Buatlah koneksi
Salah satu hal terpenting dalam membangun sebuah usaha ialah menjalin hubungan dengan banyak orang. Semakin banyak koneksi yang Anda punya maka akan semakin banyak pula oportunitas yang akan Anda hadapi. Anda bisa melakukan hal tersebut dengan menghadiri kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan bisnis yang Anda tekuni.
 
Salah satu hal yang menjadi rintangan bagi womenpreneur adalah akses pengusaha perempuan ke modal usaha masih rendah. Commenwealth Bank menawarkan program WISE yang fokus terhadap edukasi keungan untuk perempuan melalui aplikasi mobile, workshop¸hingga pelatihan one-on-one. Commentwealth juga bekerja sama dengan Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) dan Australian Trade Commmission (Austrade) dalam membantu mengedukasi womenpreneur Indonesia.
 
Untuk informasi lebih lanjut kunjungi www.commbank.co.id
 
Teks Auli Hadi
Foto Pexels
 

Share this article :

Related posts