Cleo Indonesia

Penuhi Gizi Meski Tanpa Hewani

Bertekad menjadi vegetarian? Perhatikan hal ini agar gizi tetap terpenuhi.


Mungkin Anda mempunyai alasan tersendiri dibalik tekad ingin berhenti mengonsumsi produk hewani, namun ketika memulai menjadi vegetarian memang tidaklah mudah. Masih banyak perdebatan yang mengelilingi pola makan vegetarian, namun yang terpenting bagaimana Anda mengatur makanan yang Anda konsumsi. Beberapa hal ini dapat membantu kebutuhan nutrisi Anda terpenuhi walaupun Anda tak mengonsumsi bahan makanan hewani.
 
Perhatikan asupan protein dan zat besi
Ketika Anda mengubah pola makan menjadi vegetarian, daging-dagingan seperti daging merah yang kaya zat besi dan protein dicoret dari daftar makanan Anda. Agar tidak kekurangan gizi, konsumsi kacang-kacangan seperti kacang hitam dan chickpeas (kacang arab) yang kaya akan protein dan zat besi, selain itu membuat Anda kenyang lebih lama.
 
Anda butuh lebih banyak zat besi
Zat besi berasal dari bahan makanan hewani, dan bahan makanan nabati. Untuk mengganti zat besi dari hewani Anda harus mengonsumsi jauh lebih banyak bahan makanan seperti beans, lentils, dan kedelai, serta sayur-sayuran hijau seperti bayam dan juga kale.
 
Variasikan sumber protein
Tidak hanya dapat mengonsumsi telur, tempe, tahu atau kacang-kacangan, untuk mendapatkan nutrisi optimal, Anda dapat menvariasikan sumber protein Anda. Konsumsi quinoa, peanut butter, spirulina, edamame dan chia seeds, adalah beberapa contoh sumber protein yang baik.
 
Jangan lupakan kalsium
Kalsium tidak hanya didapatkan dengan mengonsumsi susu, jika Anda tidak mengonsumsi dairy product, cobalah ganti asupan kalsium dengan banyak brokoli, kale, bayam, kacang kedelai serta almond.
 
Lupakan jus buah  
Ketika jus ‘hanya’ menawarkan vitamin dan serat, smoothies akan menjadi pilihan yang lebih baik. Anda bisa menambahkan bahan-bahan seperti chia seeds, flax seeds, spirulina, peanut butter, almond milk oatmel atau bahkan berbagai jenis sayuran ke dalam smoothies Anda.
 
Foto Pexels
 

Share this article :

Related posts