Cleo Indonesia

Dear Millenial, You Think You Know How To be a Leader ?

Karakter 3C Dibutuhkan Untuk Menjadi Pemimpin yang Baik

 
Menjadi pemimpin tidak semudah membalikan telapak tangan. Menurut data Badan Pusat Statistik, pada tahun 2016, generasi milenial telah berkontribusi sebesar 38,8% terhadap total keseluruh tenaga kerja di Indonesesia, dan pada tahun 2030 diperkirakan sebesar 70% pemimpin masa depan di Indonesia berasal dari generasi milenial.
 
Karakter 3C ini harus Anda pahami untuk menjadi generasi work-ready, world-ready
 
Critical
Seorang pemimpin dituntut untuk dapat berpikir kritis untuk membuat keputusan yang baik secara konsisten. Berpikir kritis membutuhkan evaluasi dan pemahaman akan persoalan secara baik agar dapat memecahkan masalah.
 
Creative
Seseorang pemimpin yang kreatif mampu memberikan perubahan yang baik. Perkembangan pesat teknologi membuat segalanya dapat berubah dengan waktu yang cepat pula. Kreatifitas dibutuhkan agar dapat mengikuti arus perubahan.
 
Confidence
Jika seorang pemimpin tidak percaya terhadap dirinya sendiri, akankah anak buahnya percaya terhadap dirinya? Seorang pemimpin yang percaya diri akan dapat mengambil keputusan secara matang. Untuk menumbuhkan rasa percaya diri yang kuat, seorang pemimpin tidak pernah berhenti belajar untuk mengasah kemampuan dirinya.
 
HSBC bersama dengan Putera Sampoerna Foundation menyelenggarakan kompetisi HSBC Business Case Competition, sebuah program yang bertujuan untuk memotivasi generasi milenial untuk mempersiapkan diri menjadi calon pemimpin.  Tahun ini sebanyak 15 tim dari 15 universitas terkemuka akan ikut serta, tim juara akan mewakili Indonesia di ajang kompetisi HSBC Business Case Internasional yang akan berlangsung di Hong Kong, juni 2017.
 
Teks Auli Hadi
Foto Pexel
 

Share this article :

Related posts