5 Cara Mudah Berhemat
















































Agar gaji tidak terasa seperti numpang lewat, jangan hanya mencari kerjaan tambahan untuk mendapatkan penghasilan lebih. Berhemat juga merupakan salah satu cara untuk “menambah” keuangan Anda. Ini dia ide-ide berhemat yang mudah diterapkan.


    1. Use Cash
    Berbelanja dengan kartu kredit akan mengurangi koneksi antara kita dan uang yang kita pakai. Menggunakan uang cash dapat menambah atensi kita akan penggunaan uang yang telah dipakai sekaligus dapat langsung menghitung pengeluaran.

    2. Catat Pengeluaran
    Mencatat pengeluaraan akan membuat Anda tahu uang yang ada digunakan untuk apa saja. Tandai pengeluaran yang tidak perlu agar tidak Anda lakukan lagi. Contohnya, Anda tidak akan pernah sadar berapa pengeluaran untuk kopi Anda sampai Anda menghitungnya di akhir bulan.

    3. Potong Biaya Bulanan
    Memotong biaya-biaya yang harus Anda bayar tiap bulan akan langsung terasa efeknya. Seperti biaya kartu kredit, tv kabel, internet dan lainnya. Segera eliminasi salah satu biaya rutin bulanan Anda.

    4. Pinjam
    Jika Anda berpikir untuk membeli barang yang hanya akan digunakan sekali atau dua kali, lebih baik berhemat dengan meminjam barang tersebut dari teman atau keluarga. Seperti DVD. Anda bisa saling tukar DVD dengan teman    ketimbang membeli semua yang Anda inginkan.

    5. Do It Yourself
    Mulailah mengembangkan ide-ide kreatif dan berhemat dengan melakukan sesuatu  yang bisa dilakukan sendiri ketimbang membayar orang untuk melakukannya. Contohnya, mencuci mobil sendiri, membuat kue untuk ulangtahun pacar atau  mengenakan aksesoris cantik buatan sendiri.


Venia Maharani
FOTO: DOK. FEMINAGROUP