Banyak Marah, Banyak Rugi
















































Sederet penyakit seperti jantung, insomnia dan tekanan darah tinggi adalah beberapa kerugian dari banyak marah


    Seperti bentuk emosi lainnya, kemarahan juga disertai dengan adanya perubahan fisiologis dan biologis. Ketika marah, denyut jantung dan tekanan darah akan meningkat. Sederet penyakit lainnya juga antre untuk ikut “menyiksa” dalam jangka waktu yang lebih panjang seperti jantung, insomnia, dan tekanan darah tinggi.

   Kerugian lainnya adalah dapat mengganggu daya konsentrasi, menghalangi untuk melihat gambaran masalah yang lebih besar, dan lupa untuk menikmati hidup. Maka pada akhirnya, terlalu sering marah akan menyebabkan stres dan depresi.

   Nah, bagi yang sudah memiliki pasangan, punya hobi marah juga bisa memancing si dia untuk berbohong- karena enggan menghadapi kemarahan Anda. Lalu, apa alasan yang paling sering Anda gunakan untuk menghalalkan kemarahan? Ternyata masih banyak orang yang masih bersembunyi dibalik beberapa mitos seperti:

1.    Lebih baik mengeluarkan kemarahan ketimbang menahannya karena bisa menimbulkan penyakit.
2.    Marah, menyerang, dan mengintimidasi dapat membantu mendapatkan rasa hormat dari orang lain.
3.    Dengan marah membuat Anda orang lain pasti akan merasa lebih segan untuk melawan kehendak Anda

   Kecuali jika Anda memang ingin menjadi preman, mitos-mitos tesebut sebenarnya tidak benar. Jika selalu marah dan bersikap garang demi mendapatkan kehormatan atau suatu tujuan, semua orang akan takut tetapi tidak akan menghargai Anda.

   Jika kemarahan tidak bisa dikendalikan lagi-bahkan merusak kualitas hidup- artinya individu tersebut sudah berada dibawah kekuasaan “emosi”. Sebaliknya, jika telalu banyak memendam kemarahan maka akan melahirkan pribadi yang sinis, cenderung memusuhi, suka menjatuhkan orang lain, dan gemar mengritik. Bila kemarahan tersebut sudah diluar kendali dan berdampak negatif dalam setiap hubungan sosial Anda, maka Anda membutuhkan anger management.

Ari Anastasia CHR
FOTO: FOTOSEARCH