Diet Saat Liburan


Gunakan waktu liburan untuk mengubah cara makan Anda


Saat liburan, Anda bisa melarikan diri sementara dari diet salah yang Anda jalani selama ini. Gunakan waktu liburan untuk mengubah cara makan Anda. Caranya? Cukup ikuti trik ini!

1. Kebiasaan buruk: Ngemil saat sore hari
Kebiasaan Anda mengisi laci kantor dengan makanan dapat membuat Anda semakin tergoda untuk ngemil.

Ubah kebiasaan! Jangan membawa makanan kecil saat liburan. Mengunjungi museum, berbelanja, atau berselancar dapat mengalihkan perhatian Anda dari makanan. Dengan banyaknya kegiatan, makanan tentu menjadi hal terakhir yang akan Anda pikirkan.

Saat pulang liburan! Alihkan perhatian Anda dari makanan dengan berbagai macam cara, misalnya saja dengan mengolesi body lotion di tangan, yang tentunya akan mencegah Anda dari memegang makanan.


2. Kebiasaan buruk: Pilih-pilih makanan

Bosan dengan makanan yang biasa Anda makan? Atau malah memiliki tipe makanan tertentu yang Anda benci? Wah, kedua hal tersebut dapat memicu keinginan Anda untuk ngemil. 

Ubah kebiasaan! Ketika berada di tempat baru, biasanya seseorang akan lebih berani mencoba makanan baru. Makanan yang Anda benci sekalipun, jika disajikan khas negara tersebut akan membuat Anda tergiur. Jadinya, Anda tidak akan memilih makanan lagi, bukan?

Saat pulang liburan! Beli buku yang berisi resep makanan khas berbagai negara dan saat makan di luar cobalah memesan makanan yang belum pernah Anda coba.


3. Kebiasaan buruk: Makan terlalu cepat

Makan dengan mulut yang penuh dan mengunyah secara cepat mungkin membuat Anda lebih merasa puas saat makan. Namun sebenarnya otak membutuhkan waktu untuk memberitahu perut bahwa Anda sudah cukup makan. Akibatnya, Anda pun jadi makan lebih banyak.

Ubah kebiasaan! Berlibur berarti makan selama yang Anda inginkan. Nikmati setiap gigitan, cicipi rasanya sambil berbincang-bincang dengan teman Anda.

Saat pulang liburan! Pulang liburan, bukan berarti jadi terbiasa makan berjam-jam lamanya. Cukup biasakan diri untuk menikmati makanan sambil duduk, bukan berdiri. Dengan begini, Anda jadi tahu apa saja yang telah Anda konsumsi. Sediakan waktu 15 menit untuk sarapan, 20 menit untuk makan siang dan 30 menit untuk makan malam.



FOTO: FOTOSEARCH