11 Aplikasi Adzan Otomatis Online dan Offline Gratis 2022

Cleo.co.id – Aplikasi adzan otomatis dapat membantu mengingatkan waktu sholat sehari-hari. Aplikasi ini sangat direkomendasikan bagi kamu yang sering beraktivitas atau bekerja di dalam ruangan, sehingga jarang terdengar adzan. Aplikasi ini juga banyak diunduh oleh marbot masjid atau mushola, supaya bisa mengumandangkan adzan tepat waktu.

Dengan pengingat otomatis ini, kamu juga tentu bisa mempersiapkan ibadah sholat dengan tenang dan tidak terburu-buru.

Kabar baiknya, selain pengingat waktu sholat, beberapa aplikasi adzan juga dilengkapi dengan fitur Al-quran online, jadwal sholat, jadwal imsak, kalender hijriyah dan hafalan surat-surat dzikir pagi petang.

Jadi aplikasi adzan otomatis ini sangat bermanfaat bagi kamu yang ingin memperbaiki kualitas ibadah sehari-hari.

Kumpulan Aplikasi Adzan Terbaik

muslim pro

Untuk kamu yang memang sedang mencari aplikasi adzan ini, berikut ini kami akan mencobakan beberapa rekomendasi terbaik yaitu seperti dibawah ini.

1. Alarm Adzan Otomatis

Sesuai namanya, aplikasi ini bisa mengingatkan jadwal sholat dalam 5 kali sehari. Jadi tanpa perlu bolak balik melihat jam, karena sudah ada alarm dari Alarm Adzan Otomatis. Kamu juga bisa memilih 6 pilihan suara adzan sesuai keinginan.

Kelebihan lainnya, notifikasi adzan akan tetap hidup meski smartphone dalam kondisi offline atau tidak tersambung jaringan internet. Jadi selama hp menyala, notifikasi adzan akan tetap muncul.

Selain fitur adzan, aplikasi ini mendukung arah kiblat, pencarian masjid terdekat, hitungan tasbih yang bisa disimpan, Quran 114 Surat dan 30 Juz beserta terjemah dan full MP3.

2. Muslim Pro

Muslim Pro merupakan aplikasi populer di kalangan umat muslim seluruh dunia. Bahkan saat ini, Muslim Pro sudah diunduh 100juta+ kali. Bukan hanya sebagai pengingat adzan otomatis, melainkan ada banyak sekali fitur canggih lainnya di aplikasi ini.

Beberapa fitur Muslim Pro yang paling banyak diminati diantaranya:

  • Pengingat Adzan yang tampil dalam visual dan audio dengan pilihan suara muadzin.
  • Konten interaktif, seperti kartu ucapan ramadhan, idul fitri, idul adha dsb.
  • Program khatam Quran, supaya lebih konsisten dalam membaca Quran.
  • Kumpulan doa pagi dan petang, dzikir, panduan sholat dan doa dari Quran dan Hadis.
  • Putar ayat dengan audio.
  • Arah kiblat & Kompas yang akurat, untuk menentukan posisi kiblat yang tepat jika sedang bepergian.
  • Jadwal puasa, buka dan imsak sesuai dengan wilayah tinggal.
  • Tajwid berwarna, untuk mempermudah bacaan doa dan ayat Al-quran.
  • 99 Asmaul Husna beserta artinya.
  • dan masih banyak lagi fitur lainnya.

3. Umma

Umma adalah aplikasi komunitas muslim terbaik yang menyajikan kebutuhan ibadah orang islam sehari-hari. Tersedia Al-Quran 30 juz yang bisa dipilih berdasarkan surat maupun juz, juga bisa membuat daftar surat favorit secara khusus.

Fitur yang tidak ketinggalan adalah adzan otomatis yang bisa disetting berdasarkan lokasi pengguna dengan mudah. Kamu bahkan bisa melihat hitungan mundur ke waktu sholat berikutnya, jadi bisa bikin selalu ingat dengan waktu sholat.

Keunggulan Umma lainnya adalah fitur uVoice atau podcast yang berisi tentang konten islami dan bisa dipilih sesuai kategori, seperti tema kajian, bahas Al-Quran dan kategori islam lainya. Podcast ini bisa kamu dengarkan secara online saat sedang istirahat, maupun dalam perjalanan.

Aplikasi Umma juga mendukung penggunaannya untuk jadi Muslim Content Creator dimana setiap pengguna bisa unggah konten baik gambar, video, pertanyaan hingga live streaming untuk menyebarkan dakwah islam ke sesama pengguna Umma.

4. Shalatku

Rekomendasi aplikasi adzan otomatis berikutnya adalah ShalatKu. Kamu tidak perlu ragu lagi dengan aplikasi ini, pasalnya sudah 5 juta orang lebih yang menggunakannya.

Dengan tampilan yang menarik, mengikuti waktu sholat, seperti tampilan cerah saat Dzuhur, tampilan Orange saat Maghrib dan tampilan berbeda di waktu sholat lain.

Shalatku menampilkan perhitungan waktu sholat akurat, hitungan mundur ke jadwal sholat berikutnya dan mendukung jenis notifikasi seperti waktu imsak, alarm dan suara adzan. Suara notifikasi bisa disesuaikan dengan keinginan, misalnya dengan suara notifikasi standar, suara alarm, adzan dan takbir.

5. Jadwal Sholat by Wali Studio

Jadwal sholat by Wali Studio merupakan aplikasi muslim daily yang diciptakan untuk mendukung ibadah harian. Al Quran digital, asmaul husna, kalender hijriah bisa kamu dapatkan dengan aplikasi ini.

Fitur aplikasi Jadwal Sholat yang paling diminati:

  • Mosque finder adalah fitur pencarian masjid terdekat. Cocok bagi muslim yang sedang dalam perjalanan dan tidak mengenal daerah sekitar.
  • Zakat calculator adalah fitur untuk menghitung zakat yang berpatokan dengan nilai emas terbaru, sehingga perhitungan lebih akurat.
  • Tasbih counter untuk menghitung dzikir melalui getaran dan audio.
  • Hadits arbain berupa kumpulan hadits dasar dilengkapi dengan audio Ustadz Muhammad Arif Hudaya.
  • Greeting card adalah fitur untuk kirim ucapan saat hari perayaan umat islam dengan mudah dan desain tema islam yang menarik.
  • 99 Asmaul husna beserta arti yang bisa kamu bagikan juga di media sosial, supaya lebih banyak orang yang hafal.

6. Athan

Athan adalah aplikasi waktu sholat Indonesia yang pastinya direkomendasikan bagi muslim Indonesia. Berbekal fitur canggih untuk membantu ibadah wajib dan sunnah, Athan telah diunduh lebih dari 10 juta kali.

Dengan Athan, kamu bisa mendapatkan notifikasi sisa waktu sholat yang akurat, pengingat adzan lima kali sehari, baca Al-Quran dan terjemahan, kalender islami untuk melihat hari besar dan perayaan umat islam lainnya, terdapat juga doa harian, seperti doa dalam sholat, doa berpakaian, doa dalam perjalanan dan doa saat makan.

Untuk mengatur tanda adzan otomatis dengan mudah, kamu bisa menampilkan popup Athan di layar hp. Kemudian akan muncul daftar sholat, waktu sholat dan icon alarm. Cukup sekalii ketuk untuk menghidupkan alarm atau menonatkfikannya.

7. Alarm Adzan Otomatis

Aplikasi Alarm Adzan otomatis termasuk aplikasi adzan yang simple dan mudah digunakan. Aplikasi ini memiliki fitur jadwal sholat, posisi ka’bah dan kumpulan doa-doa. Selain itu aplikasi ini juga bisa memutar doa via suara, sehingga bisa didengarkan sambil beraktivitas atau saat sebelum tidur.

Keunggulan aplikasi Alarm Adzan Otomatis adalah bisa mendeteksi lokasi secara otomatis, sehingga waktu sholat langsung disesuaikan dengan lokasi penggunanya. Jadi setelah instal aplikasi, tidak perlu setting manual untuk jadwal dan sebagainya.

Kamu juga bisa mengatur jenis nada dering yang digunakan, mengatur volume dan tempo waktu hidup alarmnya, misalnya supaya bisa ikut sholat jamaah, maka bisa setting alarm 10 menit sebelum tiba waktu sholat.

8. Quran Muslim

Quran Muslim termasuk aplikasi adzan otomatis favorit muslim Indonesia. Pasalnya selain bisa mengingatkan sholat tepat waktu, aplikasi ini tidak berisi iklan mengganggu dan tidak ada fitur berbayar lain untuk bisa mengaksesnya, semuanya tersedia gratis.

Fitur notifikasi adzan bisa disesuaikan dengan waktu yang diinginkan, misalnya hanya pada waktu subuh atau dzuhur saja dan sebagainya.

Aplikasi ini juga menawarkan fitur Al-Quran digital dan terjemahan, play audio murottal dari berbagai Qori dunia, kitab dan hadis juga kamus kata bahasa arab sehari-hari.

Selain itu aplikasi Quran Muslim juga bisa membantu kamu menemukan restoran halal terdekat. Cocok banget yang bagi yang suka traveling ke daerah yang mayoritas non muslim.

9. Al Quran Indonesia

Al-Quran Indonesia merupakan aplikasi  Quran digital yang menawarkan berbagai fitur yang dibutuhkan umat muslim. Misalnya fitur bookmarking untuk menandai terakhir baca Quran dan tajwid berwarna.

Aplikasi Al Quran Indonesia telah di download lebih dari 10 juta pengguna. Pasalnya aplikasi ini sangat fungsional dan punya tampilan yang mudah dilihat dan digunakan. Jadwal waktu sholat juga bisa dilihat dalam 30 hari kedepan, sehingga bisa jadi acuan untuk marbot atau petugas masjid saat ingin mengumandangkan adzan.

Untuk alarm adzan otomatis akan mengikuti daerah tempat tinggal pengguna, jadi kamu cukup memilih jadwal sholat yang akan diikuti bunyi alarm adzan.

10. Salaam

Salaam adalah aplikasi adzan otomatis dan waktu shalat pertama di Indonesia.  Keunggulan Salaam dibandingkan platform lain adalah tersedia konten islami setiap harinya. Misalnya informasi keutamaan puasa senin kamis, keutamaan hari-hari, sunnah-sunnah nabi dan konten islami lainnya.

Aplikasi Salaam menyediakan Al Quran yang bersertifikasi dari Kemenag RI, sehingga keaslian dan keakuratan ayat dan terjemahannya terjamin. Dengan fitur ini, kamu semakin mudah menghafal surat beserta artinya.

Untuk menentukan alarm adzan, kamu bisa pilih menu sholat, lalu akan muncul daftar waktu sholat dan alarm yang bisa disesuaikan. Jika sedang ingin sholat di tempat umum, bisa menggunakan fitur arah kiblat dengan kompas, jadi lebih akurat.

Selain itu, yang menarik dari Salaam adalah tersedia panduan Haji dan Umroh yang sangat lengkap. Menjelaskan materi tentang jenis haji, rukun haji, syarat, adab, Ihram dan masih banyak lagi.

 

11. Muslim Pocket

Muslim pocket menyediakan aplikasi waktu sholat dan adzan yang tepat, dilengkapi juga dengan aksara arab beserta terjemahan dan audionya.

Aplikasi ini juga menawarkan fitur beragam, seperti peta restoran halal, Asmaul Husna beserta arti (bisa di play audio) dan tajwid berwarna untuk mempermudah bacaan Quran yang baik dan benar.

Karena menyediakan fitur Kalender Hijriah, kamu bisa mengetahui kapan jadwal Ramadhan, waktu buka dan imsak dan hari-hari besar Islam lainnya. Kamu juga bisa mendapatkan notifikasinya saat tiba waktu adzan, imsak dan buka puasa di bulan Ramadhan.

Muslim Pocket dilengkapi dengan kumpulan doa dari berbagai kategori seperti:

  • Doa Ramadhan
  • Doa Pagi & Malam
  • Doa Keluarga
  • Doa Makanan & Minuman
  • Doa Kebahagiaan dan Kesulitan
  • Doa Perjalanan
  • Doa Sholat
  • Doa Menyembah Allah
  • Doa Haji & Umrah
  • Doa Adab
  • Doa Alam Semesta

Bagi yang ingin memperbanyak dzikir, tersedia juga dzikir count yang akan bergetar, jika hitungan dzikir sudah selesai.

Hukum Membawa Aplikasi Adzan Otomatis

Dengan kemajuan teknologi saat ini, smartphone bisa digunakan untuk menyimpan aplikasi adzan otomatis yang didalamnya juga terdapat bacaan Al Quran digital 30 juz. Namun bagaimana hukumnya jika kita membawa smartphone yang berisi aplikasi Quran tersebut ke dalam toilet?

Dilansir dari beberapa situs, menyebutkan bahwa Alquran digital dalam smartphone, baik dalam bentuk tulisan maupun audio MP3, tidak bisa disamakan dengan mushaf Al Quran. Pasalnya aplikasi hanya berbentuk tulisan yang dihasilkan dari cahaya, bisa muncul dan hilang dengan mudah.

Namun bagi orang muslim, tetap wajib menjaga adab dalam menggunakan aplikasi Quran digital, yaitu diantaranya dengan tidak membukanya saat sedang berada dalam toilet dan menjaga kesucian saat sedang membacanya.