Cleo Indonesia

6 Cara Meningkatkan Motivasi Kerja

Sering merasa bosan dan tak bergairah di tengah-tengah jam kerja? Saat-saat seperti ini, Anda perlu motivasi diri untuk meningkatkan produktivitas

 

Let’s admit it, motivasi adalah hal yang seringkali sulit kita dapatkan. Padahal, motivasi diri adalah kekuatan yang mendorong kita untuk terus bergerak maju. Karyawan yang termotivasi akan lebih bahagia, energik, antusias, produktif, dan melakukan segala hal lebih baik daripada rekan-rekannya yang tidak atau kurang termotivasi. Berikut ini adalah beberapa cara untuk meningkatkan dan mempertahankan motivasi Anda.
 
Tetapkan target
Ibarat ingin mengikuti lomba lari maraton, sebagai pemula, Anda bisa memulainya dari jarak yang paling kecil, yaitu 5 KM. Jika sudah tercapai, tingkatkan ke target yang lebih besar. Jangan lupa berikan tenggat waktu untuk masing-masing target, sehingga Anda memiliki dorongan untuk berusaha lebih keras.
 
Ciptakan mantra
Sebuah mantra adalah pernyataan lisan yang dapat memperkuat pola pikir positif. Kata-kata ini bisa sangat membantu ketika Anda membutuhkan motivasi atau penyemangat, bisa dalam bentuk kalimat sederhana, seperti “Yes, I can do it!”. Mulailah aktivitas dengan mengucapkan mantra tersebut. Semakin sering diulang, Anda akan semakin percaya diri.
 
Work-life balance
Mempertahankan keseimbangan antara hidup dan pekerjaan sangat penting untuk membuat hidup lebih baik secara keseluruhan. Pastikan Anda meluangkan waktu untuk melakukan hal-hal yang ingin dilakukan di luar pekerjaan, seperti berolahraga, mengambil kursus, atau melakukan hobi dan kegiatan lain yang menyalurkan kreativitas dan energi. Liburan setelah bekerja akan menjadi motivasi Anda untuk bisa lebih produktif dan menyelesaikan pekerjaan sesuai tenggat waktu.
 
Hadapi ketakutan
Rasa pesimis dan takut adalah hambatan bagi karier dan jika berkelanjutan bisa menjadi alasan terbesar mengapa orang-orang menyerah pada tujuan dan impian mereka. Jadi, atasilah ketakutan yang ada dan taklukkan mereka.
 
Reward yourself
Biasakan menetapkan hadiah untuk setiap goal yang Anda capai. Tak harus mewah, yang penting cukup untuk membuat Anda terus termotivasi.
 
Keep motivators around you
Bisa dalam bentuk orang-orang terdekat yang memang dapat menyalurkan energi positif dan membuat Anda merasa bersemangat, bisa juga berupa barang-barang favorit yang Anda miliki, misalnya foto keluarga yang dipajang di meja kantor atau kaligrafi berisi kalimat-kalimat penyemangat yang dipajang di kubikel. Selamat mencoba!

 
Teks Novita Permatasari
Foto Fotosearch
 
 

Share this article :

Related posts