Cleo Indonesia

Do Not Say This at Work

Salah kata atau tingkah bisa menghasilkan kesan yang salah.
 

 

Di  dunia kerja, memiliki kemampuan komunikasi yang baik akan sangat membantu peningkatan karier Anda. Karena mau tak mau Anda pasti akan terhubung dengan banyak pihak. Komunikasi di sini bukan hanya persoalan kata-kata, tetapi juga tentang komunikasi non-verbal seperti bahasa tubuh, ekspresi wajah, dan kontak mata. Bisa dibilang, communication skill adalah satu keterampilan pribadi yang memiliki dampak terbesar untuk kepuasan kerja, potensi promosi, dan keberhasilan karier Anda.

Menurut penelitian, sekitar 85% dari kesuksesan wanita bekerja berkaitan secara langsung dengan kemampuan berkomuniasi dan keterampilan membina hubungan. Artinya, memiliki kemampuan komunikasi yang baik akan memungkinkan Anda untuk selangkah lebih maju dan sebesar apapun ambisi Anda tanpa komunikasi yang baik karier Anda juga tidak akan melesat. Ini yang tidak boleh Anda lakukan di tempat profesional.

Rasis
Jangan sekali-kali mengungkapkan hal-hal yang terkesan rasis ketika berbicara dengan klien atau rekan kerja, meskipun Anda sudah cukup dekat dengannya dan sedang dalam acara santai. Berdasarkan penelitian, pernyataan Anda tersebut akan memberikan penilaian yang buruk dan lawan bicara bisa saja menganggap Anda sebagai seseorang yang memiliki kecerdasan emosional yang rendah.

Moody
Dapat menjaga emosi ketika berkomunikasi merupakan salah satu syarat yang harus Anda penuhi jika Anda ingin mendapatkan jalan karier yang mulus. Karena jika Anda adalah seorang yang moody, artinya Anda belum cukup cerdas secara emosional dan belum siap untuk mendapatkan promosi. Karena tidak semua klien perusahaan Anda adalah orang-orang yang ramah kan? Bisa saja ada klien menyebalkan yang harus dihadapi dengan orang yang pandai mengendalikan emosi.
    
Selalu Membentengi Diri

Ada beberapa perusahaan yang suasana di dalam kantornya lebih bersifat santai, sehingga beberapa karyawannya masih memiliki waktu untuk sekedar mendengarkan musik mengunakan headset ketika bekerja atau bahkan membaca buku ketika ada waktu luang. Saran CLEO, jika Anda sedang luang dan ada beberapa rekan kerja sedang berbincang-bincang, bergabunglah. Cobalah lepaskan headset Anda sehingga Anda tetap bisa mendengar topik pembicaraan dan sesekali merespon dari balik kubikel. Menggunakan headset merupakan cermin dari membentengi diri dan terekesan Anda sedang tidak ingin diganggu.

Tertawa Terlalu Nyaring
Ketika sedang berhadapan dengan klien, jangan sekali-kali Anda tertawa terlalu heboh. Meskipun hal yang sedang terjadi atau persoalan yang sedang diperbincangkan cukup menggelikan, batasi nada tertawa Anda agar tetap terlihat profesional.

Datang dan Pergi Tanpa Suara
Sebenarnya, memberikan salam ketika datang atau pergi adalah latihan berkomunikasi yang paling mudah. Jadi, jangan sampai Anda datang ke kantor tanpa menyapa satu orang pun dan pulang tanpa ada seorang pun yang tahu kapan Anda beranjak dari kursi kerja. Jika Anda masih malu, setidaknya mulailah dengan menyapa rekan kerja terdekat Anda saat datang dan pulang. Mengatakan “Selamat pagi!” atau “Saya duluan ya” bukanlah hal yang sulit.

Teks Novita Permatasari
Foto Pexels

Share this article :

Related posts