Cleo Indonesia

5 Tips Menabung dengan Mudah

Anda akan terkejut menemukan fakta bahwa menabung itu gampang
 
 
CLEO yakin Anda akan selalu punya seribu alasan tentang kenapa Anda tidak bisa menabung. Tapi coba dicerna kembali pernyataan tersebut, sebenarnya ‘tidak bisa’ bukan istilah yang tepat untuk menggambarkan persoalan menabung. Selama ini yang terjadi pada Anda adalah: Anda ‘tidak mau’ menabung. Menghabiskan uang memang lebih mudah dan menyenangkan dibandingkan menabung. Belum lagi kita hidup di tengah masyarakat dengan gaya hidup tinggi sehingga menabung itu menjadi semakin sulit diwujudkan. So how to do it? Perlakukan kegiatan menabung layaknya sebuah permainan namun dengan aturan as effortless as possible. Here are the rules:

Pay only with cash
Jika Anda memiliki good sense dalam memperkirakan jumlah uang yang akan dibelanjakan (terutama groceries dan pakaian), coba kurangi angka belanjaan Anda. Misalnya, uang belanja Anda lima juta rupiah. Tarik uang tunai sebanyak empat juta saja, lalu masukkan ke dalam dompet/amplop—sesuai selera—secara terpisah. Belanjakan barang hanya dari uang tunai ini saja. Percaya deh, ketika Anda berhasil belanja ‘hanya’ dengan sejumlah uang tersebut, rasa puasnya terasa menyenangkan. Ini baru sebulan, babes, bayangkan jika Anda mampu melakukannya di bulan-bulan berikutnya.

Simpan pecahan kecil
Kesal selalu mendapat uang kembalian berupa recehan setiap berbelanja? Bikin dompet ‘menggemuk’! Keluarkan pecahan uang kecil dari dompet dan simpan di suatu tempat, bisa piggy bank, kotak sepatu, fish bowl, apapun. Anda bisa membuat aturan sesuka hati. Contohnya, setiap sisa uang dalam satu hari yang berupa pecahan di bawah Rp5.000, akan Anda sisihkan dan tabung. Angka ini bisa ditingkatkan di kemudian hari. Syukur-syukur Anda jadi sering ‘berbelas kasih’ kepada si piggy dengan menabungkan pecahan uang besar, hehehe.

Kurangi eat out
Hari gini menjadi suatu hal yang langka untuk bisa makan enak hanya dengan mengeluarkan Rp50.000. Jika Anda memutuskan untuk menghabiskan waktu di luar rumah, bisa jadi uang Anda akan terpakai minimal Rp100.000 untuk ini-itu. Batasi jadwal lunch dan dinner ke luar hanya dengan satu kali dalam seminggu. Sisanya, Anda bawa bekal dari rumah. Jika tak ada yang memasak di rumah, jajan mengenyangkan, murah, dan sehat di sekitar kantor, dan usahakan untuk kembali makan malam di rumah.

Hindari kedai kopi
Godaan nongkrong di coffee shop atau sekadar membeli iced latte grande memang besar. Bayangkan berapa banyaknya uang yang dihabiskan jika di sela-sela beraktivitas setiap harinya, Anda mampir ke coffee shop. Sebaliknya, investasikan uang Anda ke dalam sebuah mesin pembuat kopi biar Anda bisa membuat minuman kopi ala barista di rumah. Harga coffee maker memang mencapai jutaan rupiah, namun Anda akan menghemat lebih banyak uang ketimbang terus-menerus mengunjungi kedai kopi.

Buy in bulk
Rencanakan belanja bulanan bersama teman-teman. Tulis daftar belanja dan saling share dengan teman-teman Anda. Jika ada beberapa produk sejenis, Anda bisa membelinya dalam jumlah banyak yang biasanya dikenai diskon harga yang lumayan. Splitting items juga bisa dilakukan demi menghindari food waste atau tumpukan barang di rumah.


Teks Anggara Dialusi 
Foto Pexels 
 

Share this article :

Related posts