Cleo Indonesia

Etika Meminjamkan Uang

Lebih Pintar dalam Mengatur Keuangan Anda


Pada saat teman atau keluarga meminta bantuan dalam bentuk uang pasti akan timbul rasa kasihan, namun pada satu sisi ada rasa khawatir jika uang yang dipinjamkan belum tentu akan kembali. Berikut lima hal penting yang harus Anda pikirkan sebelum meminjamkan uang kepada orang lain :
 
Cek Situasi Keuangan Pribadi
Jika diri Anda saat ini berada dalam posisi keuangan kritis dimana sangat sulit memenuhi kebutuhan diri sendiri dan tidak memiliki tabungan, maka meminjamkan uang bukanlah tindakan yang tepat. Keluarga atau teman pasti akan mengerti situasi ini.
 
Ketahui Alasannya
Mengetahui  alasan dari si peminjam uang akan membantu Anda dalam menentukan prioritas. Tentunya akan lebih baik meminjamkan kepada yang betul-betul membutuhkan daripada menggunakan uang tersebut untuk bersenang-senang.
 
Belajar dari Pengalaman
Jika Anda pernah mempunyai pengalaman yang tidak menyenangkan kepada seseorang yang pernah dipinjamkan uang, mungkin Anda harus berpikir dua kali ketika orang tersebut ingin meminjam uang Anda lagi.
 
Membalas Budi
Pernyataan jika Anda tidak meminjamkan uang kepada orang lain maka suatu saat Anda akan kesusahan karena tidak ada yang membantu pada saat keadaan kebalikan. Anggapan tersebut tidak semuanya benar, berilah penjelasan jika Anda memang berada dalam kedaan yang tak memunkinkan saat ini untuk membantu.
 
Bersikap Realistik
Pada saat meminjamkan uang Anda memang harus bersiap diri jika uang tersebut tidak dikembalikan. Ini sudah menjadi resiko bagi si pemimjam uang, anggap saja pinjaman tersebut sebagai hadiah untuk mereka
 
 
Teks Janlika
Foto Pexel
 

Share this article :

Related posts