Cleo Indonesia

Jangan Bicarakan Ini dengan Teman Kantor

Topik-topik yang sebaiknya Anda simpan sendiri.
 

Kepada teman, Anda bisa cerita hal apa pun. Tapi kepada teman kerja, tetap saja Anda harus berhati-hati dalam menyampaikan sesuatu, terutama yang menyangkut hal pribadi. Menurut psikolog Wesmira Parastuti Mia M.Psi dari Wesmira Psychological Service & Consultation, kapan topik itu dibicarakan dan cara menyampaikan dapat memengaruhi kinerja keseharian. “Misalnya, teman cerita bahwa ia berselingkuh, dan Anda merasa sebal karena ia sudah mengkhianati pacarnya, setelah itu Anda mungkin jadi enggan bekerja sama dengannya,” jelas Mia. Berikut topik sensitif yang sebaiknya tidak diceritakan pada teman kantor demi suasana kerja yang kondusif.

Seks
Anda tahu sendiri, tak sembarang orang bisa diajak untuk membicarakan seks, apalagi tentang kehidupan seks Anda. It’s just too much information for your colleagues.

Baca juga: Ketika Hubungan Pertemanan Memburuk

Gosip
Patut diingat bahwa orang bisa berubah. Orang bisa saja berjanji akan mengunci mulutnya, tapi malah membeberkan informasi yang Anda ceritakan. Keep your gossip and your negative thoughts to yourself. Lagipula, kalaupun orang tersebut bisa dipercaya, Anda mungkin mendapatkan kesan buruk di mata rekan kerja jika Anda rajin ngomongin orang di belakang. Rekan kerja akan berpikir bahwa bisa jadi Anda melakukan hal yang sama terhadapnya di luar sana.

Your frustrations
Kenali seseorang dari caranya mengatasi masalah. Jika emosinya meluap, bisa jadi orang ini temperamental. Maka dari itu, kendalikan emosi Anda di hadapan rekan kerja. Sikap galak tanpa alasan yang jelas belum tentu bisa menyelesaikan masalah dan malah membuat situasi kerja makin tidak nyaman.

Kesalahan yang Anda buat
Begitu mendesaknya Anda ingin curhat tentang kesalahan yang Anda buat, tahan dulu. Anda masih berada di lingkungan kerja yang penuh kompetitif. Orang-orang di dunia kerja bisa tampak sweet di luar, namun sebenarnya punya motif tersembunyi. Informasi kesalahan yang Anda bocorkan dapat menjadi backfire buat Anda di kemudian hari.



Teks Anggara Dialusi
Foto Pexels

Share this article :

Related posts