Cleo Indonesia

Belajar Melobi untuk Karier Anda

Bagaimana untuk meningkatkan level karir Anda? 


Jelas Anda punya potensi. Tapi kenapa Anda masih juga merasa stagnan dalam pekerjaan Anda. Inilah saatnya melakukan lobi (tentunya dalam arti positif) untuk meningkatkan karier Anda menuju level yang lebih baik. This is how should do it.

It's not an instant product.
Tak seperti fast food, melobi orang lain tidak bisa dilakukan secara cepat. Butuh waktu buat Anda untuk beradaptasi, atau paling tidak kenalan dengan orang yang bersangkutan. Kalau tidak, akan timbul kesan Anda hanya akan muncul saat butuh bantuan (meskipun mungkin itu memang benar).

Jalin networking yang luas.
Bukan hanya dengan atasan (yang logikanya memang mampu menaikkan jabatan Anda), tapi juga bangun hubungan baik dengan seluruh orang yang pernah bekerja sama dengan Anda. Jangan pernah pikir Anda hanya akan bertemu dengan mereka saat itu saja. Anda kan tidak tahu apa yang bisa terjadi di masa depan.

Jangan hanya mengenal tapi juga dikenal.
Hubungan yang baik adalah hubungan yang berjalan timbal balik. Jangan hanya sekadar mengenal orang yang ada di sekitar Anda, penting juga kalau Anda bisa populer di kalangan kolega dan klien Anda. Semua pasti lebih mudah.

Keep your friends close and your enemies closer.
Itu yang perlu Anda tanamkan saat bertemu dengan saingan Anda. Walaupun sulit dan makan hati, Anda bisa lebih 'aman' saat tahu strategi yang sedang dilancarkan oleh 'musuh' Anda.

Ringan sama dijinjing, berat sama dipikul.
Siapa bilang lobi itu hanya mengenai hangout dan senang-senang bareng? Tak ada yang mau berteman dengan orang yang hanya ada di saat senang. Usahakan juga mengajukan diri untuk membantu kolega yang sedang mengalami kesulitan pekerjaan. Berikan pendapat, kritik dan saran Anda untuk mereka. Hopefully, they will do the same in the future.  

Be creative.
Jangan hanya terjebak dengan melobi secara fisik (dalam arti bertemu muka langsung). Permudah hidup Anda melalui cara lobi paling populer saat ini, yaitu melalui social media. Bahkan Obama pun melakukannya, dan lihat hasilnya. He's the president of USA.

ZH
Foto Pexels 
 

Share this article :

Related posts