Cleo Indonesia

Apakah Anda Akan Bangkrut 10 Tahun Lagi?

Tak perlu membayar cenayang, kenali tanda-tanda jika keuangan Anda akan bangkrut seperti berikut ini
 

Bola kristal atau air suci, hehehe, nggak akan bisa menebak kondisi keuangan Anda nantinya. Cara termudah adalah dengan menyelidiki langsung seperti apa situasi finansial Anda—di depan mata, mulai sekarang juga. Jika selama ini kehadiran uang terasa licin di tangan, alias mudah hilang dari genggaman, sudah terlihat jelas bahwa Anda tidak mampu mengontrol keuangan Anda, malah sebaliknya, uang yang mengontrol Anda. Untuk menciptakan kondisi finansial yang stabil bukan hanya fokus kepada uang saja, pembenahan diri juga penting. Sebelum kebangkrutan melanda, kenali dulu red flags berikut ini yang patut dibenahi dengan segera.

1.    Tak ada negosiasi gaji
Jika Anda termasuk tipe orang yang langsung menerima tawaran gaji yang pertama diajukan oleh suatu perusahaan, maka sikap ini tak jauh berbeda saat Anda menghadapi masalah hidup. Anda akan cenderung menerima secara pasrah segala kejadian dalam hidup, tanpa struggling. Tetapkan standar hidup pribadi. Dengan mengutarakan dan berusaha mendapatkan gaji yang Anda inginkan, Anda tak akan menyesal di kemudian hari karena tidak kekurangan uang dalam hidup Anda.

2.    Tabungan nihil
Tiap individu harus memiliki tabungan bukan lah pepatah klise, babes. Tabungan ini bisa bersifat sebagai dana darurat atau memang dana yang Anda butuhkan untuk mencapai suatu hal. Misalnya, nih, jika Anda atau salah satu keluarga jatuh sakit dan membutuhkan dana yang lumayan besar, dari mana Anda akan membayarnya jika tak ada tabungan pribadi? Tanpa tabungan, Anda telah menjadi calon kuat kandidat yang akan terkena financial disaster. Jadi, giat lah menabung!

3.    Argumentative parents
Seperti apa cara orangtua Anda menangani masalah finansial selama ini? Jika mereka berselisih terus-menerus, ini mungkin pertanda red flag lainnya. Sebuah studi baru menemukan bahwa anak-anak dengan orang tua yang sering memperebutkan uang berpeluang tiga kali lebih besar terlibat utang saat dewasa. Jika hal ini terdengar seperti Anda, jangan biarkan masa lalu mendikte masa depan Anda. Segera ambil kontrol keuangan pribadi dan turut serta mencari solusi masalah keuangan keluarga.

4.    Dana pensiun nol
Pernah melihat sepasang opa oma menikmati hari tua dengan pergi traveling? Anda juga bisa mendapatkannya, lho. Salah satunya dengan membuat dana pensiun. Selain bisa melalui program Jamsostek (Jaminan sosial tenaga kerja) yang dicanangkan pemerintah, Anda juga bisa membuat akun pribadi yang lagi-lagi sifatnya ‘menabung’. Bisa dibayangkan berapa dana yang Anda dapatkan jika pos pensiun ini sudah Anda rencanakan sejak dini, Anda tak segera ‘kolaps’ meski sudah lanjut usia.

5.    Spending more than you earn
This is the biggest sign. Tak peduli betapa besarnya pendapatan Anda, namun jika pengeluaran Anda melebihi pendapatan, kans bangkrut terbuka lebar. Apalagi jika Anda sering menerapkan sistem kredit untuk setiap kebutuhan, making minimum payments, neraca keuangan selalu minus tiap bulannya, yap, Anda akan jatuh miskin dalam 10 tahun mendatang.



Teks ANGGARA DIALUSI
Foto Pexels
 

Share this article :

Related posts