Cleo Indonesia

Film-Film Bertema Makanan

Film-film berikut ini bukan hanya memuaskan mata namun juga menggugah selera
 
Sama seperti cinta antara dua manusia, makanan merupakan salah satu tema sentral dalam kehidupan. Dan karena lekatnya makanan dengan kehidupan, maka tidak jarang cerita tentang makanan dibuat dalam versi film dan video. Perpaduan antara makanan dan film pun menghasilkan imajinasi yang lebih berbahaya dibanding makanan itu sendiri. Proses memasak seperti memotong cabai hingga percikan minyak yang jika dalam kehidupan nyata terlihat biasa, mampu disulap menjadi adegan yang mampu menimbulkan air liur. Film yang menjadikan makanan sebagai bintang utama pun ‘bertebaran’ dari film serius hingga film komedi. Berikut adalah film tentang makanan yang harus Anda lihat.
 

The Hundred Foot Journey (2014)
Film ini menceritakan keluarga Kadam yang pindah ke sebuah desa di Prancis setelah restoran mereka di India terbakar karena kerusuhan. Di tempat baru ini, Kadam yang merupakan keturunan India membuka restoran India yang letaknya berseberangan dengan restoran klasik Prancis dimiliki oleh seorang wanita perfeksionis bernama Madame Mallory. Konflik terjadi dengan Madame Mallory ketika keluarga kecil ini membawa makanan dan aneka ragam budaya. Sekilas, cerita yang ditawarkan oleh The Hundred Foot Journey terkesan mirip dengan Chocolat. Kemiripan ini nampaknya memang tidak terhindarkan karena Lasse Hallstrom yang menyutradarai Chocolat merupakan sutradara juga di The Hundred Foot Journey. Namun, kemiripan jalan cerita ini termaafkan karena penampilan meyakinkan dari Helen Mirren dan On Puri. Mirren dengan sikap cuek dan ‘berdarah dingin’ berpadu sempurna dengan humor dari Puri.
 
Jiro Dream of Sushi (2012)
Jiro Dream of Sushi merupakan film dokumenter yang menceritakan restoran sushi bintang tiga Michelin termahal di Tokyo bernama Sukibayashi Jiro. Untuk bisa makan di tempat ini, setidaknya Anda harus booking satu bulan sebelumnya dan juga mengeluarkan setidaknya 30.000¥ (setara Rp3.5 juta) untuk 20 potong sushi. Film yang disutradarai oleh David Gelb ini menangkap proses pembuatan sushi yang sempurna oleh Jiro Ono dan budaya sushi di Jepang. Selain Jiro, film ini juga menampilkan dua anak Jiro yaitu Yoshikazu dan Takashi yang juga berprofesi sebagai pembuat sushi. Takasi membuka sendiri restoran sushi yang berada di Roppongi Hills, sementara Yoshikazu diharapkan dapat melanjutkan apa yang Jiro bangun. Lewat film ini, penonton diajak untuk memahami seni dari pembuatan sushi. Meski terkesan sederhana, membuat sushi tidak gampang dan membutuhkan setidaknya 10 tahun untuk bisa mahir. Selain budaya sushi, Jiro Dreams of Sushi juga mampu memperlihatkan arti keluarga dan kerjasama tim bagi kelangsungan restoran ini.

 
Chef (2014)
Menceritakan seorang chef restoran kelas atas bernama Carl Casper (John Favreau) yang terpaksa harus mengubah kariernya menjadi chef sebuah food truck karena perbedaan visi dengan pemilik restoran. Kenapa Anda harus melihat film ini? Selain menampilkan deretan makanan Kuba dan roti isi yang membuat lapar, Chef mampu menyatukan berbagai tema seperti keluarga, pertemanan, dan tentu saja kecintaan terhadap makanan dalam satu komposisi yang harmonis dan tidak bertele-tele. Humoris tanpa terkesan terlalu dipaksa. Chef menampiIkan banyak bintang terkenal seperti Sofia Vergara, Dustin Hoffman, Robert Downey Jr., dan si multi talenta Scarlett Johansson.
 
The Lunchbox (2013)
Film yang berasal dari India ini dibintangi oleh aktor watak Irrfan Khan dan Nimrat Kaur. Ceritanya disampaikan sederhana namun sangat menyentuh. Berawal dari salah mengirim makanan, lalu terjadi percakapan yang mengubah hidup dua orang yang tidak mengenal satu sama lain. Berbeda dengan film India pada umumnya yang menampilkan banyak tarian dan nyanyian, The Lunchbox tidak terlalu banyak menampilkan hal ini. The Lunchbox berfokus pada drama yang terbangun dan sukses membuat penonton terbuai ke dalamnya. Lewat film ini, Anda juga bisa melihat keseharian masyarakat India, para pengantar makanan, dan juga budaya India yang ternarasi lewat kulinernya.
 

Feast (2014)
Film pendek animasi peraih Oscar ini berdurasi kurang dari tujuh menit saja. Film yang menjadi pembuka dari The Big Hero ini menceritakan petualangan anjing Boston Terrier bernama Winston bersama majikannya. Lewat durasi yang sebentar, Feast menangkap momen-momen antara majikan dan binatang peliharaan lewat sebuah pola makan, seperti ketika anjing ikut makan sembarangan ketika majikannya masih single, dan berubah ketika si majikan menemukan pacar seorang chef wanita yang ketat dalam makanan sehat, si anjing turut ‘rela’ menyantap makanan sehat. Menonton film ini emosi Anda akan ‘diaduk’; Anda akan gemas pada kelakuan si anjing Winston, juga dibuat awww pada upaya Winston mempersatukan majikan dengan pacarnya setelah sempat putus.
 
Eat Drink Man Woman (1994)
Jika Godfather merupakan acuan untuk film bertema mafia. Eat Drink Man Woman merupakan acuan film bertema makanan. Adegan pembukanya saja tidak akan membuat Anda bosan jika ditonton berkali-kali. Film yang disutradarai oleh Ang Lee ini menceritakan seorang ayah dengan tiga anak perempuannya dalam mencari ‘resep kehidupan’. Sang ayah yang bernama Mr. Chu merupakan chef terpandang dan dihormati di industrinya. Namun, posisi Mr. Chu berbeda ketika dia berada di tengah keluarga. Dalam film ini, meja makan yang penuh dengan makanan menggiurkan merupakan sebuah forum di mana nilai dan budaya dinegosiasikan. Suasana makan yang seharusnya menggembirakan menjadi sebuah tempat beradu pendapat. Film ini dibintangi oleh Sihung Lung, Yu-wen Wang, dan Chien-lien Wu.
 

Teks Tatu Hutami
Foto Dok. Youtube
 
 
 
 

Topic

film

Share this article :

Related posts