Cleo Indonesia

Hal Penting dalam Memilih Kartu Memori

Perlukah Anda menggunakan kartu memori? Pengguna smartphone atau tablet dengan dukungan slot memori eksternal pasti pernah bertanya-tanya tentang hal ini


 
Suatu hari nanti ketika memori internal di smartphone atau tabletsudah penuh, Anda terpaksa membuat beberapa pilihan, contohnya menghapus foto-foto atau menyingkirkan beberapa aplikasi.Sebelum hal itu terjadi, Anda mungkin berpikir untuk membeli kartu memori. Untuk Anda yang ingin menambah kapasitas penyimpanan di smartphone tetapi tidak yakin harus beli kartu memori yang mana, inilah hal penting yang perlu diketahui.
 
Jenis kartu
Saat ini jenis kartu memori yang digunakan untuk smartphone dan tablet adalah kartu microSD. Ukuran kartu ini tidak lebih besar dari kuku, tetapi dapat menyimpan banyak data. Anda akan menemukan dua jenis microSD, yaitu SDHC dan SDXC. Perbedaan antara keduanya adalah kapasitas yang disediakan. Kartu jenis SDHC memiliki kapasitas 2GB hingga 32GB, sedangkan kartu jenis SDXC menyediakan kapasitas antara 32GB hingga 2TB. Sebelum membeli, ketahui kapasitas maksimal kartu microSD untuk gadget Anda.
 
Kapasitas
Untuk memperkirakan ada berapa banyak foto yang bisa tersimpan dalam kartu memori, satu file foto yang diambil dari kamera 13MP biasanya berukuran sekitar 3MB. Jika Anda membeli kartu microSD berkapasitas 16GB, untuk foto saja Anda bisa menyimpan 5.000 foto di dalamnya. Saat ini smartphone bisa menggantikan perangkat kamera poket, pemutar musik digital, game, GPS navigation, dan lain-lain. Semua hal ini akan menghabiskan memori. Jika kapasitas memori internal smartphone Anda hanya 8GB, tetapi ingin menyimpan koleksi musik, foto, dan video serta menggunakan puluhan aplikasi dan game, Anda mungkin memerlukan kartu microSD dengan kapasitas lebih besar daripada memori internal.
 
Teks Fathia Fauzia
Foto Fotosearch
 
 

Share this article :

Related posts