Cleo Indonesia

Kesalahan yang Membuat Anda Gampang di-hack

Belakangan ini semakin banyak akun online shop atau instansi yang berhasil diretas oleh pihak yang tak bertanggungjawab. Jangan sampai hal yang sama terjadi kepada Anda


 
Banyak orang mempelajari bagaimana mereka bisa melindungi diri dari masalah di dunia online, namun masih banyak yang melakukan kesalahan-kesalahan umum berikut ini. Padahal, hal-hal sederhana yang kadang terlupakan seringkali justru menjadi penyebab akun mereka diambil alih. Perhatikan poin-poin berikut ini agar akun Anda tetap aman.
 
Common Mistake #1: Same password for all accounts
Sebagian besar orang berpikiran untuk menggunakan satu password untuk seluruh akun yang dimiliki, dengan alasan agar tidak mudah lupa. Sayangnya, mereka tidak mengerti bahaya yang akan terjadi. Penggunaan satu password untuk beberapa akun ini membuat akun Anda dengan mudah diretas. Jadi, buatlah password yang berbeda namun mudah diingat untuk masing-masing akun. Selain itu, cobalah untuk mengganti password akun yang menurut Anda penting secara berkala.

Common Mistake #2: No wireless encryption
Jika kantor atau rumah Anda menggunakan jaringan nirkabel, amankan jaringan Anda dengan password yang kuat, yakni dengan kombinasi angka dan huruf. Sebaiknya jangan anggap remeh kode akses jaringan ini, karena jika jaringan nirkabel Anda diretas, maka seluruh data perusahaan atau data pribadi Anda bisa menjadi milik orang lain.

Common Mistake #3: Turning off security features
Terkadang Anda sering menonaktifkan seluruh firewall jika mengalami kesulitan dengan aplikasi tertentu yang terhubung ke internet, dan kemungkinan besar, setelah selesai menggunakan aplikasi tersebut, Anda lupa mengaktifkan kembali firewall. Software antivirus juga salah satu hal yang kerap dilupakan kapan terakhir update. Padahal, menonaktifkan firewall dan tidak mengaktifkan antivirus sama seperti menghapus pintu depan rumah Anda. Jadi, jangan lupa untuk mengaktifkan firewall kembali dan lakukanlah update antivirus dan general scan secara berkala.
 
Common Mistake #4: Responding pop-up messages
Menanggapi pesan yang muncul ketika Anda mengakses internet adalah salah satu penyebab akun Anda mudah diretas. Biasanya para hacker menggunakan pop-up message dengan pesan yang memikat agar target tertarik untuk membukanya. Jika Anda melakukan ini, maka komputer Anda akan dengan mudah terinfeksi virus malware. Saran CLEO, aktifkan fitur untuk memblokir pop-up browser. Jangan klik pesan yang muncul, kecuali jika Anda benar-benar yakin bahwa Anda merespons situs yang aman.
 
Common Mistake #5: Responding email from strangers
Sebaiknya hindari menanggapi pesan yang masuk ke email jika pengirimnya tidak jelas atau tidak dikenal. Pesan ini bisa saja tergolong spam, yang biasanya merupakan trik para hacker untuk menjebak Anda. Jika Anda membuka link yang diberikan, secara otomatis hacker tersebut mendapatkan akses ke akun Anda dan mendapatkan semua data tentang Anda.
 

Teks Novita Permatasari
Foto Fotosearch
 

Share this article :

Related posts