Cleo Indonesia

Mengatasi ‘Bencana’ Media Sosial

Salah tulis di media sosial merupakan kesalahan yang susah dilupakan, tapi bisa diatasi


 
Saat ini, akses untuk mengutarakan perasaan dan pemikiran Anda melalui internet semakin mudah. Salah ketik saja bisa membuat Anda menjadi korban cyber bullying. Oleh karena itu, penting untuk menjaga apa yang Anda unggah melalui akun media sosial. Bahkan, berdasarkan  survei 2015 CareerBuilder, sebanyak 48 persen manajer perusahaan kini menentukan pantas atau tidaknya merekrut karyawan baru berdasarkan akun media sosial mereka. Jadi, jika Anda pernah melakukan kesalahan di media sosial, segera atasi dengan cara berikut:
 
Hapus Segera
Tidak suka dengan sikap salah satu tokoh politik atau selebriti dan membuat Anda mengumpat dengan tak santun? Anda mungkin baru menyadari betapa fatalnya tindakan tersebut setelah para suporter atau fans tokoh tersebut mencerca Anda. Saat itu terjadi, segera hapus tweet atau post Anda.
 
Minta Maaf
Beberapa waktu lalu, Justin Bieber pernah mengunggah foto kuil di Jepang di akun Instagram-nya, dan memberi caption, “Thank you for your blessings.” Gambar yang terlihat indah tersebut ternyata mengundang perseteruan antara penggemar Justin di Jepang dan Tiongkok. Setelah dicermati, kuil tersebut adalah kuil Yasukuni yang dibangun untuk menghormati para prajurit Jepang dalam Perang Dunia II yang membunuh banyak rakyat Tiongkok. Menyadari bahwa gambar tersebut menyinggung masalah sensitif, Justin pun langsung meminta maaf secara publik. Sikap Justin juga bisa Anda ikuti saat hal yang Anda unggah menyinggung masalah sensitif seperti SARA. Permintaan maaf yang tulus juga menunjukkan bahwa Anda menyesali tindakan gegabah di media sosial tersebut.
 
Bersihkan Akun Media Sosial Secara Menyeluruh
Jika menghapus satu atau dua post dari akun media sosial Anda tidak mengembalikan reputasi online, mungkin Anda perlu melihat lebih jauh pada post yang lama. Saat seseorang ‘bermasalah’ di internet, maka banyak pihak yang justru mempermasalahkan post terdahulu mereka.
 
Reinvent Your Online Self
Terlanjur melakukan kesalahan di media sosial memang tidak bisa dilupakan begitu saja. Orang lain bisa saja mencari nama Anda di search engine dan menemukan kesalahan itu, meski hal tersebut sudah berlangsung lama. Menurut Bill Fish, founder ReputationManagement.com, Anda harus berusaha membangun kembali jati diri Anda di dunia maya setelah kesalahan tersebut. Caranya? Isi akun media sosial Anda dengan hal-hal intelektual dan profesional. Mulailah mengoptimalkan akun profesional seperti Linkedln dan Google+ yang lebih berfokus pada keahlian dan karier Anda.
 
 
Teks Imelda Rahmawati
Foto Fotosearch
 
 

Share this article :

Related posts