Cleo Indonesia

Panduan Membeli Fitness Tracker

Bingung saat ingin membeli fitness tracker atau fitness band? CLEO memberi panduan untuk Anda


 
Dengan begitu banyaknya merek fitness tracker yang beredar dengan berbagai feature dan harga, wajar saja bila Anda bingung saat hendak membelinya untuk pertama kali. Agar membantu Anda memilih produk yang tepat, berikut hal-hal yang harus diperhatikan sebelum membeli fitness tracker.
Tujuan
Sebelum membeli, Anda harus tahu apa tujuan Anda dan bersikap realistis dengan tujuan tersebut. Perhatikan aktivitas dan olahraga apa yang sering Anda lakukan tiga bulan terakhir dan aktivitas yang akan/ingin dilakukan. Jika Anda hanya ingin mengecek aktivitas sehari-hari, cukup gunakan fitness tracker sederhana yang bisa menghitung langkah dan kalori. Sementara bila aktif berolahraga, Anda butuh feature yang lebih lengkap seperti monitor detak jantung, penghitung pace, hingga GPS. Jika Anda sering berenang, pastikan fitness tracker dan perangkat lunaknya didesain untuk kegiatan tersebut.

Desain
Sebagian besar fitness tracker berbentuk gelang atau jam yang digunakan di pergelangan tangan. Ada juga yang bentuknya semacam clip yang ditempel di pakaian dan ada yang digunakan di pergelangan kaki atau diikat di tali sepatu. Sementara untuk informasi datanya, ada yang bisa dilihat langsung pada layarnya—bahkan layar sentuh, sedangkan yang sederhana tidak memiliki layar dan Anda harus menyambungkannya dengan aplikasi di ponsel Anda untuk mengetahui hasilnya.

Feature
Hampir setiap fitness tracker menyediakan informasi penghitung langkah dan kalori. Sementara monitor detak jantung biasanya hadir pada fitness tracker yang lebih canggih. Feature GPS penting bagi sebagian pengguna seperti pelari, pesepeda, pendaki, atau mereka yang ingin mengetahui posisi saat berolahraga. 

Aplikasi
Sebagian fitness tracker akan terkoneksi dengan aplikasi pada smartphone untuk membaca data Anda. Oleh karena itu Anda juga harus melihat apakah aplikasi tersebut tersedia di sistem operasi ponsel yang Anda gunakan. Sebagian besar fitness tracker terkoneksi dengan Android atau iOS, namun koneksi Windows Phone masih agak jarang.
 

Teks Prihandhini
Foto Fotosearch
 
 

Share this article :

Related posts