Cleo Indonesia

Penyebab Baterai Ponsel Cepat Habis

Salah satu hal penting dalam hidup masa kini adalah menjaga energi baterai ponsel tidak cepat habis. Setuju?


 
Anda pasti pernah merasakan betapa paniknya saat baterai ponsel habis. Segala cara dilakukan mulai dari mengisi ulang baterai di setiap tempat, sampai membawa power bank agar Anda bisa mengisi ulang baterai di manapun dan kapanpun. Meski sudah mengisinya hingga penuh namun kadang Anda tetap sering mendapati baterai ponsel cepat habis. Jika ini terjadi, coba periksa kembali beberapa pengaturan pada ponsel Anda karena bisa jadi itulah penyebabnya.
 
Tingkat Kecerahan Layar
Semakin terang layar, maka semakin besar penyerapan energi baterai. Maka atur kecerahan layar pada posisi yang tidak terlalu terang tapi cukup nyaman untuk mata Anda.

Screen time-out
Ini juga harus diatur pada posisi tidak aktif dalam waktu satu menit atau kurang untuk mengurangi penggunaan daya baterai. Bila ponsel Anda sudah menggunakan layar Amoled, gunakan warna hitam untuk home screen karena layar ini menggunakan energi yang lebih sedikit bila layarnya gelap.

GPS, NFC, dan Wi-Fi
Sesekali Anda memang menggunakan GPS, NFC, dan Wi-Fi, tapi tentu tidak sepanjang waktu, kan? Gunakan feature ini sesuai kebutuhan seperti saat membutuhkan navigasi peta atau check in di media sosial untuk GPS, dan bertukar data untuk NFC. Sebaiknya matikan Wi-Fi saat tidak menggunakannya. Bahkan bila Anda berada di lokasi dimana jaringan data masih buruk, sebaiknya matikan juga mobile data Anda. Toh, Anda masih bisa dihubungi lewat SMS dan telepon. 

Sinkronisasi data
Gadget Android biasanya akan melakukan sinkronisasi seluruh data Anda dengan akun Google Anda. Ini memang berguna bagi beberapa hal seperti kalender dan email, namun bisa menghabiskan energi baterai bila melakukan sinkronisasi untuk foto. Untuk memastikan gadget Anda tidak melakukan sinkronisasi secara konstan, coba atur apa saja hal yang harus disinkronisasi.

Aplikasi
Usahakan agar berbagai aplikasi dalam ponsel Anda tetap update karena aplikasi terbaru biasanya sudah menyelesaikan permasalahan bug yang bisa menyebabkan baterai Anda terserap. Selain itu, uninstall aplikasi yang tidak pernah Anda pakai. Jika sudah tiga bulan aplikasi tersebut tak pernah dibuka, berarti Anda memang tak membutuhkannya. Saran lainnya, bila ada aplikasi yang Anda gunakan secara regular, lebih baik gunakan versi penuh yang berbayar.  Aplikasi gratis memang hemat, namun kadang suka muncul iklan-iklan yang ternyata bisa menyerap baterai karena mengonsumsi koneksi data Anda.

Wallpaper animasi dan nada getar
Tanpa disadari, keduanya bisa menyerap energi baterai Anda.

Media sosial
Media sosial memang merupakan bagian penting dalam hidup Anda, tapi terlalu banyak log in ke media sosial juga bisa menyerap energi baterai. Facebook berada di peringkat teratas social media yang menghabiskan banyak baterai dengan rate 1297.5mW, Foursquare di posisi ketiga dengan rate 1087 mW, dan Snapchat di posisi keempat dengan rate sebesar 974.5 mW. Jadi sebaiknya log out saja dari media sosial yang jarang Anda tengok.


 
Foto Fotosearch
 

Share this article :

Related posts