Cleo Indonesia

30 Things to Do Before 30


Buat hidup Anda lebih berwarna dan jauh dari membosankan.




Selamat bulan Sumpah Pemuda. Apa yang sudah Anda hasilkan sebagai anak muda? Tidak perlu muluk-muluk untuk negara, paling tidak hasilkanlah sesuatu untuk diri sendiri.

Anda sudah selesai sekolah, mulai mapan dalam karier dan cinta, dan bisa dibilang cukup aman secara finansial. Pada dasarnya inilah momen yang tepat untuk melakukan hal yang Anda—bukan orang lain—inginkan.

Kapan lagi saat yang tepat kalau bukan di usia 20an, saat Anda juga masih punya energi untuk mewujudkannya? Di sini, CLEO membantu Anda membuat daftar hal yang perlu Anda coba sebelum Anda sibuk mengkhawatirkan dana pensiun dan dana pendidikan anak.

1.    Belajar Bahasa Baru
Hal ini mungkin berguna di masa depan, entah saat memesan makanan ketika traveling, saat Anda menjadi penerjemah, atau saat ada pria lucu yang butuh bantuan karena tidak bisa bahasa Inggris.

2.    Belajar Menari

Shake that body, babes! Tidak perlu sampai jago meliuk seperti Shakira, tapi paling tidak latih tubuh Anda bergerak mengikuti irama.

3.    Road trip
Tidak perlu bisa menyetir untuk bisa melakukan road trip. Anda bisa menjadi navigator yang baik—dengan bantuan GoogleMap.

4.    Jadilah sukarelawan
Bukan sekadar memberikan bantuan dana ke rekening atas nama LSM tertentu. Yang dimaksud di sini adalah terjun langsung untuk membantu mereka yang membutuhkan.

5.    Cicipi makanan dengan nama aneh
Selama kandungan makanan itu tidak membunuh Anda, kenapa tidak sedikit mencicipinya?

6.    Potong rambut
Bukan sekadar potong poni atau trimming ujung rambut, tapi benar-benar mengubah total gaya rambut.
 
7.    Tonton pertunjukan serius
Konser musik sudah jadi makanan Anda. Bagaimana dengan pertunjukan seni lainnya, misalnya senda tari atau teater?

8.    Minta maaf
Siapa orang yang membuat Anda menyesal karena telah menyakitinya? Minta maaf tidak akan membunuh Anda, malah mungkin membuat Anda merasa lebih baik.

9.    Coba olahraga ekstrem
Tentunya lakukan dengan cara yang aman. Try bungee jumping, diving, paragliding, or any other sports that give you adrenaline rush.

10.    Investasi
Bukan dalam bentuk sepatu, tas, atau baju. Maksud CLEO adalah investasi yang bisa menghasilkan keuntungan materi untuk masa depan Anda. Reksadana, emas, atau investasi lainnya; pilih yang sesuai dengan minat dan kemampuan Anda.

11.    Hitung pajak dan tabungan sendiri
Hal ini sebenarnya sudah harus dilakukan sejak Anda menerima gaji pertama secara profesional. Berhentilah meminjam uang dari orang tua untuk membayar tagihan-tagihan Anda.

12.    Donor darah
Jika kesehatan Anda mendukung, kenapa tidak membantu yang lain untuk mendapatkan kesempatan hidup yang sama?

13.    Beli benda yang super duper mahal
Tujuannya adalah untuk membuktikan pencapaian Anda sejauh ini. Jadi apa pilihan Anda, rumah atau mobil?

14.    Party di festival taraf internasional
Bukan hanya bagus untuk dipasang di Path atau FourSquare, festival semacam ini juga memungkinkan Anda berpesta, berkenalan dengan teman-teman baru dari berbagai belahan dunia, dan merasakan pengalaman seru.

15.    Ikut lomba 5K atau 10K
Kenapa? Karena sepatu lari yang sudah Anda beli itu akan lebih berguna saat digunakan sebagaimana fungsinya, bukan sekadar dipajang di rak.

16.    Cari kafe, salon, dan mekanik langganan
Hal ini bisa menolong Anda mendapatkan racikan kopi terbaik, rambut dan kuku cantik, serta mobil yang terawat dengan baik.

17.    Belajar masak
Tapi punya keahlian memasak paling tidak lima masakan sederhana, akan berguna saat Anda sedang jauh dari keluarga, saat Anda sedang menghemat uang, dan saat Anda ingin sedikit pamer pada seorang chef tampan yang baru Anda kenal.

18.    Punya album foto
Kumpulkan foto diri ketika masih bayi, masuk sekolah, lulus kuliah, hang out bersama sahabat, bersenang-senang di pesta kantor—selalu menyenangkan untuk mengingat momen bahagia dalam hidup.
 
19.    Solo traveling
Pergilah selama seminggu, sebulan, atau bahkan setahun. Menjelajah dunia sendiri akan membantu Anda mengenali siapa dan apa yang Anda inginkan dalam hidup.
 
20.    Simpan satu set peralatan teknik
Yang dimaksud antara lain obeng, bor listrik, dan teman-teman satu set-nya yang bisa Anda temukan di Ace Hardware. Jika Anda bisa membetulkannya sendiri, kenapa harus merepotkan orang lain?  

21.    Hilangkan bahasa ABG dalam kamus Anda
Hindari penggunaan kalimat ”Kamu tahu, kan?”, ”Ya gitu deh”, dan semacamnya terutama saat Anda sedang menjelaskan sesuatu. Anda sudah dewasa.

22.    Tinggal sendiri
Saat ini cobalah untuk melakukan semuanya sendiri; mulai dari yang utama yaitu membayar sewa sendiri, sampai yang sederhana seperti mencuci baju dan membereskan rumah sendiri.

23.    Ambil kelas yoga paling tidak selama tiga bulan
Meskipun yang satu ini bukan favorit Anda, cobalah belajar melenturkan diri.

24.    Blind date
Why not? Apalagi jika Anda memang belum menemukan pria yang tepat.

25.    Punya tailored dress atau suit, dan jeans yang well-fitted

Sebenarnya miliki baju apapun yang membuat Anda tampak cantik tanpa kamuflase.

26.    Paket lengkap koper dan beauty case
Koper untuk perjalanan satu hari, tiga hari, satu minggu atau lebih; Anda tidak perlu repot meminjam koper pada keluarga atau teman. Ditambah lagi, koper yang matching itu terlihat cool saat pengambilan bagasi.

27.    Pergi liburan hanya dengan saudara kandung atau hanya dengan orang tua

Inilah kesempatan untuk mengeratkan kembali hubungan Anda.

28.    Sit-down dinner party pertama

Kurangi pesta yang ramai dan berisik. Sesekali kenakan LBD dan nikmati dinner party cantik bersama sahabat. 

29.    Habiskan akhir minggu tanpa telepon dan media
Apalah artinya dua malam tanpa menonton E! atau update Path. Lebih baik bacalah satu atau dua buku untuk menyibukkan pikiran Anda.

30.   Miliki sahabat dekat yang bisa membuat Anda tertawa dan membiarkan Anda menangis

Jujur, tulus, tanpa menghakimi, inilah persahabatan yang Anda butuhkan dalam hidup.

ZUNAINAH
FOTO: FOTOSEARCH

Share this article :

Related posts