Cleo Indonesia

Get the Healthy Lifestyle



Selain mengatur pola makan dan berolahraga, ada beberapa cara yang dijamin bisa membuat tubuh Anda bebas dari racun yang selama ini mengintai.


Berhenti merokok
Setelah 12 jam, nikotin sudah hilang dari tubuh Anda. Dan setelah lima hari nikotin yang tersisa dari rokok pun sudah lenyap tak bersisa. Tapi jika Anda masih kesulitan menghilangkan kebiasaan buruk ini, ikuti tip berikut ini: Biasanya perokok aktif yang ingin berhenti akan menggunakan permen sebagai pengganti rokok. Jika Anda masih merasa sulit berhenti meski sudah menggunakan rokok, coba ganti dengan mengunyah apel sehingga mulut Anda tetap ‘sibuk’. Carilah alasan yang benar-benar kuat sehingga niat Anda untuk berhenti tidak mudah goyah; lalu jangan buang abu dan putung rokok di asbak agar Anda bias melihat berapa banyak rokok yang sudah Anda hisap. Selain itu, jangan membawa rokok dan korek api kemana-mana sehingga Anda akan kesulitan untuk menghisapnya. Have realistic expectations - quitting isn't easy, but it's not impossible either.

Perbanyak konsumsi zat Omega-3
Anda bisa mendapatkannya dari kacang, biji-bijian, dan ikan, serta omega-6 yang terdapat dalam minyak biji bunga matahari, minyak wijen dan kacang kedelai. Kedua zat ini bisa mengurangi risiko banyak penyakit pada wanita yang menjalani hidup kurang sehat seperti merokok, makan sembarangan, kurang tidur, stres, hingga minum alkohol. Omega-3 dapat menurunkan risiko penyakit jantung karena dapat menurunkan tekanan darah, mengurangi serangan jantung dan stroke, serta menjaga detak jantung agar tetap normal.  Selain itu, zat ini juga mengurangi rasa stress Anda.
Jadi, kalau Anda sedang menghadapi banyak deadline, perbanyak konsumsi makanan yang mengandung zat ini ya!

Protein dapat memperbaiki emosi Anda.
Protein sangat penting dikonsumsi setiap hari meski tubuh Anda tidak membutuhkannya sebanyak karbohidrat dan sayuran. Para ahli menyarankan agar Anda mengonsumsi susu setiap hari karena makanan kaya protein seperti daging kadang mengandung kalori dan lemak yang sangat tinggi. Maka jika Anda mengonsumsi daging, sebaiknya dimasak dengan cara dikukus atau dipanggang ketimbang digoreng. Untuk mengimbangi protein yang masuk dalam tubuh, ingatlah selalu menyantap sayur dan buah yang kaya antioksidan untuk melindungi tubuh dari terpaan bahan kimia yang bisa merusak sel tubuh.

Jangan tidur terlalu malam.
How much sleep we need depends on what is happening in our bodies. Tidurlah minimal 8 jam sehari. Cobalah untuk mendapatkan tidur yang berkualitas, karena tidur berkualitas bisa meremajakan fungsi sel-sel tubuh dan memperbaiki fungsi metabolisme tubuh. Jika Anda sering terbangun di malam hari dan meski Anda merasa sudah cukup tidur tapi tetap merasa lelah di siang hari berarti tidur Anda kurang berkualitas. Bila Anda mengalami insomnia, usahakan untuk meminum susu sebelum tidur dan matikan televise serta lampu untuk menciptakan suasana yang tenang. Jika tidur Anda cukup, tubuh akan lebih segar dan otak kembali jernih.


Foto Pexels
 

Share this article :

Related posts