Cleo Indonesia

Temukan Jenis Yoga Paling Cocok untuk Anda

Simak lima jenis yoga yang paling populer saat ini. Setelah Anda menemukan gerakan yoga yang Anda suka dan terasa tepat, pastikan untuk berlatih secara rutin


 
Sebagai newbie, wajar jika Anda bingung memilih jenis yoga yang tepat karena banyaknya pilihan. Untuk menemukan satu atau dua jenis yoga yang cocok dengan Anda, ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan, seperti apa tujuan dan bagaimana kondisi tubuh Anda saat ini. CLEO mengumpulkan berbagai sumber dan bertanya kepada Devi Asmarani, pelatih/terapis yoga, serta penulis buku Yoga untuk Semua: Panduan Berlatih Yoga yang Lengkap dan Aman, untuk membantu Anda mengenal lima jenis yoga paling populer dan menemukan yang paling cocok untuk Anda.
 
Hatha
Best for? Hatha sering direkomendasikan untuk pemula karena gerakannya lambat dan dilakukan dengan lembut. Selain itu, untuk Anda yang suka berlari, hatha yang sifatnya statis dan lebih menyeimbangkan secara mental mungkin akan menarik perhatian. Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Psychosomatic Medicine menunjukkan bahwa wanita yang berlatih hatha sekali atau dua kali seminggu bisa pulih dari stres lebih cepat dari mereka yang tidak melakukannya.
Who’s gotta love it? Anda yang ingin mempelajari teknik pernapasan dan ingin lebih tenang saat berolahraga.
Sebaiknya pilih yang lain jika Anda tidak suka gerakan lambat.
 
Iyengar
Best for? Iyengar bisa dicoba oleh orang yang pernah memiliki cedera. Anda akan berlatih dengan menggunakan alat bantu seperti balok, tali, kursi, dan bantal yang dirancang untuk meningkatkan fleksibilitas dengan aman. Contohnya, ketika kita tidak bisa menyentuh jari-jari kaki sendiri, kita akan menggunakan tali supaya tubuh lebih fleksibel dan tidak bergeser ke kanan atau ke kiri.
Who’s gotta love it? Orang-orang yang ingin berfokus pada alignment atau kesempurnaan postur tubuh, misalnya menginginkan bentuk tulang punggung yang bagus.
Sebaiknya pilih yang lain jika Anda bosan menggunakan properti atau alat peraga.



Vinyasa
Best for? Anda yang banyak bergerak dan menyukai sesuatu yang dinamis. Tantang diri Anda untuk melakukan gerakan yang bertumpu pada tangan dan latihan handstand.
Who’s gotta love it? Anda yang menyukai gerakan yoga dengan flow lebih cepat, artinya Anda tidak tahan berlama-lama di satu dan berpindah ke pose berikutnya.  
Sebaiknya pilih yang lain jika Anda penyuka gerakan yang lambat.
 
Ashtanga
Best for? Penyuka tantangan. Bukan untuk orang yang mudah menyerah, ashtanga diminati oleh orang-orang yang athletic.
Who’s gotta love it? Anda yang suka mempelajari satu hal hingga benar-benar paham.
Sebaiknya pilih yang lain jika Anda tidak suka mengikuti satu seri gerakan, sehingga tidak bisa bergerak maju jika belum menguasai gerakan sebelumnya.
 
Bikram
Best for? Anda yang menginginkan latihan yang padat. Latihan bikram melibatkan 26 gerakan yang dilakukan di dalam ruangan bersuhu sekitar 37?C–42?C. Hawa panas akan membuat Anda merasa lebih fleksibel, tetapi Anda perlu memahami kondisi tubuh dan beristirahat jika sudah tidak tahan. 
Who’s gotta love it? Orang yang tidak keberatan banjir keringat ketika bergerak untuk menyehatkan tubuh.
Sebaiknya pilih yang lain jika Anda merasa akan pingsan di tengah kelas. Konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter jika Anda memiliki kondisi medis yang membuat tubuh Anda merasa lemah sebelum memulai yoga yang panas ini.

 
Teks Fathia Fauzia (sebagian bahan oleh Robin Hill) Narasumber Devi Asmarani, pelatih/terapis yoga, penulis buku Yoga Untuk Semua: Panduan Berlatih Yoga yang Lengkap dan Aman Foto Fotosearch
 
 

Share this article :

Related posts