Cleo Indonesia

Do What You Can

Saat pekerjaan yang diimpikan belum dapat diraih, apakah kita harus menunggu atau justru menerima pekerjaan yang ada? Namun jika pekerjaan tersebut tidak sesuai dengan passion, apakah itu bisa dinamakan menyerah?
 Oleh: Anekke Hanggarwati, Fashion & Beauty Writer

Saya cukup tergelitik ketika teman–teman seusia saya masih saja menunggu pekerjaan yang sesuai dengan minat mereka. Menurut saya, apa salahnya melakukan pekerjaan di luar passion namun kita tetap mampu melakukannya dengan baik (atau mungkin sangat baik). Hal ini tidak berarti bahwa kita lupa akan passion, hobi, cita–cita atau, mimpi kita.

Pengalaman saya dalam dunia kerja memang baru satu setengah tahun, namun rasanya sudah membuat saya lebih realistis dari sebelumnya. Berdasarkan pengalaman, kadang perusahaan atau klien (jika Anda memutuskan untuk berwirausaha) tidak terlalu tertarik dengan passion Anda, yang ingin mereka lihat atau ‘beli’ adalah skill dan hasil kerja Anda.

Pendapat bahwa mengikuti passion akan membuat seseorang sukses, menurut saya tidak sepenuhnya benar. Seseorang yang sukses bahkan kadang tidak memiliki bakat luar biasa ketika ia kecil. Ia hanya menemukan lingkungan yang menghargai usahanya dan membuatnya tertantang untuk terus belajar. Melakukan pekerjaan sesuai dengan passion memang terlihat menyenangkan. Tetapi bagaimana jika hal tersebut tidak membuahkan hasil (materi)? Bagaimana Anda bisa menjalani hidup sehari-hari tanpa materi? Selain itu, melakukan sesuatu yang dicintai cenderung dibumbui oleh rasa ego? karena merasa paling tahu dan paling benar. Hmmm… kalau sudah begini akan membahayakan bukan?

Soal passion, seorang profesor dari Georgetown University yang juga penulis buku berjudul So Good They Can’t Ignore You: Why Skills Trump Passion in The Search For Work You Love, Cal Newport, punya pandangan menarik dan tak biasa. Menurutnya, passion bukanlah sesuatu yang hadir begitu saja atau dipandang sebagai panggilan hati, melainkan hasil dari proses panjang dari belajar dan kerja keras.

Semakin seseorang ahli di suatu bidang dan mendapat penghargaan, saat itulah motivasinya untuk terus menjadi lebih baik akan semakin besar. Itulah passion. Anda tidak akan mendapatkan passion tanpa kerja keras dan keahlian. Bahkan, Anda harus ahli di satu bidang terlebih dulu sebelum mengatakan kalau Anda passionate di dalam sebuah bidang. Jadi Anda tidak perlu merasa takut ketika melakukan pekerjaan yang tidak sesuai dengan minat Anda. Bisa jadi hal tersebut adalah keahlian yang nantinya bisa berubah jadi passion Anda.

Foto Fotosearch
 

Share this article :

Related posts