Cleo Indonesia

The Simple yet Powerful Words

“Thank you”. Bagaimana jika dua kata ini digunakan untuk membayar sebuah jasa?
 Oleh: Nyoman Makarasari, Redaktur Madya Mode & Kecantikan

Di bidang saya bekerja, banyak dibutuhkan orang-orang kreatif untuk bekerjasama. Suatu hari saya sibuk mencari outsource fotografer yang bisa membantu saya dan tim untuk menyelesaikan sebuah pekerjaan… for free. Meski tidak dibayar, sebenarnya bukan berarti tidak menguntungkan sama sekali sih bagi pihak outsource tersebut. Mereka nantinya akan dibayar tidak dalam bentuk uang, namun, dengan hal-hal yang bisa membuat nama atau perusahaan mereka lebih dikenal alias dipromosikan sesuai dengan bidangnya. Sistem ini kadang membuat saya dan rekan saya lainnya sulit untuk mencari outsorce yang ingin mengambil job ini karena tidak semua orang mau dihargai dengan model seperti ini. Sebagian ada yang sangat senang diajak kerjasama dan ada juga yang tidak.

Wajar, dong, kalau ada perasaan tidak enak saat menawarkan job ini pada beberapa pihak karena mereka akan dituntut bekerja maksimal untuk hasil yang optimal tanpa mendapat bayaran. Perdebatan pun terjadi saat mendiskusikan brief yang akan dikerjakan nanti. Beberapa outsource ada yang langsung setuju, sedangkan ada pihak yang menganggap bahwa ini proyek barter, maka ia pun ‘merasa’ mempunyai hak untuk  mengatur brief yang sebelumnya sudah direncanakan dengan matang.”Nanti lokasinya jadi di A aja ya, modelnya pakai dari agency B aja”, salah satu contoh ucapan mereka dalam mengubah total brief sebelumnya. Namun saya pun di sini harus maklum dengan hal tersebut karena rasanya ‘power’ saya melemah untuk membuat mereka memenuhi segala ide dan kreativitas kita menjadi terpenuhi.

Menurut saya, kita sebagai pihak yang ‘minta tolong’ sebaiknya memberikan sedikit kelonggaran kepada mereka entah dalam segi waktu maupun kreativitas. Konsekuensi dari model kerjasama seperti ini adalah saya sebisa mungkin memberikan sedikit revisi.

Mungkin perusahaan tidak mempunyai bujet khusus untuk para outsource ini. Tapi menurut saya setidaknya mereka berhak mendapatkan appreciation atas apa yang mereka sudah kerjakan. Toh selama saya bekerja hingga sekarang, bantuan mereka terhadap pekerjaan saya sangat berguna dan hasilnya memuaskan. Thanks to them!

At the end, pesan yang muncul di WhatsApp tertulis “you are welcome, can’t wait for the next photoshoot”, setelah saya mengucapkan terima kasih kepada mereka otomatis membuat hari saya menyenangkan!
 
Foto Fotosearch
 

Share this article :

Related posts