Cleo Indonesia

Better Sleep for a Better Life

Ternyata, tidur yang tidak berkualitas dapat menurunkan kualitas hidup Anda.

 
Penelitian yang dipublikasikan oleh Journal of Psychiatric Research mengungkapkan kurang tidur atau tidur yang tidak berkualitas dapat memberikan dampak yang buruk bagi kesehatan. Dimulai dari timbulnya serangan jantung koroner, daya tubuh menjadi lemah, mudah terserang penyakit, hingga mengurangi kecerdasan otak. Ikuti cara-cara berikut untuk mendapatkan tidur yang lebih berkualitas.

Go, Reds!
Associate Professor dari University of Michigan Louise M. O’Brien menyarankan untuk menggunakan lampu kemerahan di kamar karena cahaya berwarna merah yang redup mampu menekan melatonin dalam tubuh. Melantonin diproduksi pada malam hari oleh tubuh untuk mengatur siklus tidur, mulai dari rasa kantuk, tidur, hingga bangun tidur.

Olahraga, olahraga, olahraga!
Asisten professor neurologi di Northwestern University Kelly Lazer Baron, PhD mengungkapkan tubuh yang bugar dan otot yang rileks setelah berolahraga akan membuat Anda lebih cepat tidur. Lakukan exercise paling lambat tiga atau empat jam sebelum jam tidur.

Lullabies
Penelitian di International Journal of Nursing Studies menemukan bahwa penderita insomnia yang mendengarkan musik yang menenangkan selama 45 menit sebelum tidur akan tertidur dalam waktu yang lebih lama dari biasanya.

Vitamin D
Kekurangan vitamin D dapat menyebabkan gangguan tidur dan lebih mudah mengantuk pada siang hari. Konsumsilah makanan yang mengandung vitamin D seperti jamur, keju, telur, ikan, dan minyak ikan cod.

Tempat tidur sempurna
Kasur yang nyaman mampu membuat tidur lebih cepat dan nyenyak. Rapikan tempat tidur Anda dang anti seprai secara berkala agar tidur lebih baik. Bila perlu, belilah kasur baru jika kasur Anda sudah tak lagi nyaman.

Suhu tepat
Suhu kamar rata-rata 20 derajat Celcius membuat Anda tertidur 30 menit setelah berbaring dan akan merasa segar keesokan harinya. Pada suhu 23-25 derajat Celcius butuh waktu lebih lama untuk tertidur serta mudah mengantuk pada esok hari.
 
Teks Cintya Ladyana Foto Pexels
 

Share this article :

Related posts