Cleo Indonesia

Tipe Introver Manakah Anda?

Ada empat tipe introver yang perlu Anda ketahui. Mungkin Anda salah satunya.

Jika mayoritas tanda-tanda ini terdapat dalam diri Anda, kini waktunya mencari tahu tipe introver seperti apa diri Anda. Profesor Jonathan Cheek, psikolog di Wellesley College, Amerika Serikat membagi introver menjadi empat tipe, yaitu:


Social introvert
Dari luar, tipe ini terlihat seperti ekstrover. Mereka memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik sehingga orang-orang di sekitarnya nyaman berbicara dengan mereka. Namun, tipe ini juga tak jarang merasa kesulitan saat berada di tengah aktivitas sosial karena merasa energinya terkuras habis saat bersosialisasi dengan orang lain secara intens. Tak heran jika kadang-kadang mereka harus punya waktu untuk sendirian saja. Tipe ini juga mempunyai kelompok pertemanan yang awet meski hanya berisi beberapa orang. Mereka cenderung tidak mau berbagi perasaan atau curhat kepada orang lain sebelum kenal dekat dan lama dengan orang tersebut.
 
Thinking introvert
Jika Anda termasuk dalam tipe seperti ini, berarti Anda sangat suka menganalisis diri sendiri. Saat membaca buku atau menonton film yang menarik, Anda akan memikirkan bagaimana jika keadaan yang menimpa sang tokoh utama terjadi pada Anda. Orang-orang introver tipe ini juga sering terjebak dengan kegiatan daydreaming alias berkhayal, mirip tokoh Luna Lovegood dalam Harry Potter yang imajinatif dan sering tampak berpikir dan berbicara sendiri.
 
Anxious introvert
Tidak seperti social introvert yang membutuhkan waktu sendirian untuk ‘mengecas’ diri mereka, tipe anxious introvert membutuhkan kesendirian karena mereka tidak nyaman berada di antara banyak orang. Biasanya, saat mereka memasuki suatu ruangan, mereka akan jengah karena merasa semua orang memerhatikan. Kecemasan menjadi kata kunci bagi tipe ini karena mereka tidak suka menjadi pusat perhatian. Bisa saja, saking cemasnya, mereka tiba-tiba pergi di tengah acara tanpa alasan yang tepat. Begitu pun ketika sedang bercakap-cakap dengan sahabat atau rekan kerja. Mereka bisa tiba-tiba diam karena merasa terasing. Ungkapan ‘sendirian di tengah keramaian’ sungguh pas ditujukan bagi tipe ini.
 
Restrained introvert
Di mata orang sekitarnya, tipe ini terlihat pendiam, kaku, dan lamban. Itu karena tipe restrained introvert selalu mengambil keputusan secara hati-hati. Mereka bukanlah tipe yang saat bangun di pagi hari langsung mandi, memakai baju dan sepatu olahraga, kemudian pergi jogging. Bagi mereka, sangat penting untuk memikirkan setiap tindakan sebelum betul-betul melakukannya. Hal inilah yang tergambar dalam kehidupan sosialnya. Dalam hidup yang bergerak serba cepat, tipe satu ini harus berpikir 1000 kali sebelum menyapa orang yang baru dikenalnya.

Teks Imelda Rahmawati Foto Fotosearch
 

Share this article :

Related posts