Cleo Indonesia

Why Bitching is Good for You

Bicara buruk tentang sesuatu atau seseorang ternyata bisa berdampak positif, asal Anda tahu tips dan triknya.
 
Ya, semua orang setuju bahwa membicarakan keburukan orang lain dianggap sebagai sesuatu yang tidak pantas. Tapi toh, banyak orang (mungkin termasuk Anda) tetap melakukannya—meski sesekali. CLEO punya berita baik. Kebiasaan mengeluarkan unek-unek ini ternyata punya sisi positif.
 
Bitching is bonding
Grup WhatsApp baru akan ramai saat ada update gosip baru. Satu orang menggulirkan sebuah topik kontroversial (yang biasanya tentang sesuatu yang negatif) dan tidak berapa lama kemudian bunyi “ping” terdengar tanpa henti. Banyak teman Anda dalam grup WhatsApp tersebut menimpali dan melengkapi cerita. Jika Anda tidak terus scrolling up, bisa jadi ada ratusan new messages yang harus dibaca kemudian. Apakah ini juga terjadi pada chat group yang Anda miliki? Nah… Anda bisa melihat polanya di sini. Bitching creates bonding.

Irene S. Levine, Ph.D., profesor psikiatri di NYU Langone of Medicine dan kreator Friendship Blog, menyebutkan bahwa alasan percakapan itu terasa menyenangkan karena Anda merasa dimengerti. Saat memiliki pendapat yang sama akan betapa anehnya baju yang dikenakan oleh seseorang, bahkan orang yang baru Anda kenal sekalipun bisa menjadi teman Anda dalam waktu singkat. Keluhan atau kritikan adalah kesempatan orang lain atau teman Anda untuk menawarkan penenangan dan dukungan. “Saling jujur dan percaya satu sama lain akan memperkuat ikatan antara dua orang,” Dr. Irene menjelaskan. Mengakui apa yang tidak Anda suka, yang membuat Anda marah atau terganggu; hal itu dapat membuka pintu kedekatan dengan cara tertentu yang mungkin tidak dapat dibangun oleh percakapan positif.
 
Mengurangi stres
Kenapa bithcing itu terasa ‘menyenangkan’? Menurut Dr. Irene, hal ini bisa mengurangi stres. “Penting untuk memiliki setidaknya satu atau dua teman yang bisa dipercaya saat kita terjebak dalam masalah. Hal ini akan meredam rasa khawatir dan tekanan, serta membuat beban itu terasa lebih ringan dan dapat diatasi.” Yang penting, lihat kata kuncinya: teman yang bisa dipercaya. Bitching tidak masalah jika dilakukan dengan lawan bicara yang tepat. Meskipun ‘dibolehkan’ untuk bicara buruk tentang sesuatu atau seseorang, Anda tetap harus selektif memilih pendengar. Jika tidak, masalah yang sebenarnya sepele, malah bisa jadi besar dan membuat situasi makin rumit.
 
Kata-kata jadi aksi
Ini poin yang menurut CLEO perlu diberi highlight. Mengeluh dan mengkritik membuat Anda menyadari ketidaksukaan Anda terhadap sesuatu.Nah, hal ini mungkin memicu Anda untuk keluar dari hal yang tidak menyenangkan tersebut. Anda akan mencari solusinya. Jika tidak, Anda akan terjebak di situasi yang sama. Itulah yang sebenarnya harus dihindari, Dr. Irene berpesan. “Ketika dua orang berkutat mengeluh masalah yang itu-itu saja, hal itu akan berujung pada keputusasaan.”

Teks Zunainah Foto Fotosearch
 

Share this article :

Related posts