Cleo Indonesia

Aaron Ashab Sumbang Suara via YouTube


Passion saya adalah menyanyi dan saya memang ingin menjadi penyanyi.”


Video parodi
Saya ingin menjadi penyanyi, tetapi mencari jalannya susah. Ada yang menyarankan kalau ingin menjadi something, buat YouTube saja lalu mencari massa di YouTube. Akhirnya, saya mulai membuat video di YouTube. Pertama kali upload video ke YouTube tahun 2012, kalau tidak salah pada bulan Juni. Video pertama saat itu adalah menyanyikan lagu Lana Del Rey berjudul Born To Die, tetapi sekarang video itu sudah dihapus. Beberapa video yang dibuat pada awal-awal juga sudah dihapus.

Saat itu kamera ditaruh di jendela dan video belum terlalu dipikirkan. Dulu saya berpikir bahwa YouTube itu gampang, padahal sebenarnya susah. Video yang mulai banyak traffic-nya dan akhirnya naik terus adalah parodi demi tuhan. Dari situ saya lumayan belajar tentang video yang sedang dicari orang. Lalu saya membuat parodi sayur lodeh yang traffic-nya juga naik dan lucu banget.  

Vlogging, tutorial, dan cover lagu
Ciri khas video saya adalah vlogging, yaitu membicarakan apa saja, tutorial, dan cover lagu yang sedang hit. Kadang saya membuat video karena ada tantangan dari comment di YouTube dan Twitter. Contoh yang paling menarik adalah menyetir seperti ibu hamil. Video yang saya buat itu simpel karena hanya memakai kamera dan tripod. Very homemade.

Saat membuat video, saya suka proses editing, lalu setelah mengeluarkan videonya, saya suka saat ada feedback dari orang lain. Penonton video saya di YouTube mayoritas adalah anak muda, tetapi ada juga sekitar 25 persen orang dewasa yang menonton. Sekarang banyak orang yang mengenali saya, contohnya di bioskop dan di jalan saat saya sedang menunggu taksi.

Suka musik pop
Berkat video YouTube, saya diliput infotainment, mendapatkan undangan dari acara televisi, dan tawaran bermain sinetron dan film. Di film Slank Nggak Ada Matinya, saya berperan sebagai Ivan ‘Slank’. Passion saya adalah menyanyi dan saya memang ingin menjadi penyanyi. Saat ini saya sedang fokus untuk mengeluarkan single dan album. Musik saya adalah pop mainstream. Semua orang juga suka pop dan musik yang paling enak diikuti adalah pop.

Sekarang saya tidak ingin cover lagu lagi dan berhenti membuat video parodi. Jika tidak, nanti image-nya akan semakin kuat kalau Aaron adalah penyanyi parodi. Nanti yang ingin saya tampilkan adalah menyanyi sebagai penyanyi dan tetap vlogging yang lebih serius.  

Dengar suaranya di YouTube dengan akun AaronAshab

FATHIA FAUZIA
FOTO: HERMAWAN

Share this article :

Related posts