Cleo Indonesia

Aji Rahmansyah, Berkarya Lewat Bukanjamkantor


"Youtube menjadi sarana yang bagus bagi generasi muda supaya ‘suara’ mereka didengar banyak orang.”


Berawal dari belakang layar
Perkenalan saya dengan youtube berawal dari belakang layar, saya sendiri bekerja sebagai art director dimana saya yang menyediakan properti untuk proses shooting video. Namun akhirnya ditawari untuk menjadi talent dan tampil di video. Kira-kira 2-3 tahun yang lalu saya ditawari menjadi talent untuk video tutorial yang diproduksi malesbanget.com berjudul ‘Kenalan dengan Ortu Pacar’. Videonya berupa tutorial dan tips-tips bagaimana bertemu orang tua pacar. Ternyata berlanjut ke video-video tutorial lain seperti tutorial cara mencotek dan tips pergi ke disko hingga akhirnya sekarang ada bukanjamkantor. Bukanjamkantor sendiri bukan buatan saya namun saya terlibat dalam produksinya bersama tim lain sehingga ditawari lagi menjadi talent di depan layar dengan partner saya Jebraw.
Di depan atau pun belakang layar sama-sama menyenangkan tapi mungkin saya tidak akan fokus terjun ke entertainment seperti pembuat youtube blog lain. Beda dengan partner saya Jebraw yang bisa main gitar dan nyanyi, saya fokus ke produksi saja.
    
Sarana untuk berekspresi
Youtube itu media baru untuk orang-orang berinteraksi dan berekspresi. Buat saya, youtube adalah sarana yang sangat mudah untuk mengutarakan maksud-maksud saya dan juga teman-teman secara pribadi dan gratis! Kenapa saya pilih youtube sebagai sarana berekspresi? Karena saya tahu saat ini sudah banyak orang yang bisa mengakses youtube dengan mudah sehingga pesan yang ingin saya dan tim di bukanjamkantor sampaikan bisa diterima oleh mereka yang menonton.
Di bukanjamkantor segmen yang diangkat lebih ke kehidupan sehari-hari anak muda. Apalagi setelah dilihat mayoritas penontonnya lebih banyak pria sehingga isinya lebih banyak juga tips-tips buat pria. Meskipun pada kenyataannya banyak juga wanita yang menonton. Sedikit bocoran, nantinya bukanjamkantor akan dibuat dengan topik yang lebih luas lagi sehingga joke-joke yang tadi sifatnya ‘rumahan’ nanti bisa naik menjadi next level sehingga penonton yang lihat juga lebih banyak.

Menyalurkan hasrat kreatif
Saat ini saya bekerja sebagai art director di sebuah agensi iklan. Selama ini sih pekerjaan saya dan kegiatan bukanjamkantor belum pernah bertentangan, yang ada malah dengan adanya bukanjamkantor saya jadi bisa menyalurkan hasrat kreatif yang mungkin di kantor tidak tersalurkan. Ide-ide yang tidak mungkin saya pakai di pekerjaan saya bisa disampaikan di akun youtube ini. Ada lagi keuntungannya, dengan kegiatan yang juga makin sibuk di bukanjamkantor saya justru lebih tahan banting di pekerjaan sebagai art director.


IMELDA
FOTO: HERMAWAN

Share this article :

Related posts