Cleo Indonesia

Budi Tanrim, Indonesian Young Hand Lettering Artist

Pria ini membuktikan bahwa hand lettering, seni menggambar huruf, bisa dipelajari secara autodidak.

Budi Tanrim, 24, Freelance Designer


Apa aktivitas Anda sehari-hari?  
Saya bekerja sebagai freelancer di bidang digital product design, contohnya membuat website dan aplikasi serta fokus pada user experience. Di samping itu saya sedang memperdalam hand lettering dan berusaha membuat portfolio yang lebih bagus.
 
Sejak kapan Anda menyukai hand lettering?
Saya tertarik mempelajari hand lettering sejak tiga tahun lalu. Karena pekerjaan sehari-hari berhubungan dengan komputer dan dunia digital, saya menginginkan sesuatu yang lebih tradisional, seperti menggambar di atas kertas dengan menggunakan pensil. Maka saya memilih hand lettering karena menginginkan kegiatan yang ‘mengotori’ tangan. Hahaha...
 
Kabarnya Anda mempelajari hand lettering secara autodidak, ya?
Iya, saya belajar hand lettering dengan cara melihat tutorial di beberapa website, termasuk YouTube, dan membaca buku. Beberapa bulan lalu saat berkunjung ke New York, saya mengikuti kursus hand lettering supaya memiliki basic yang lebih kuat.

 
Apa yang paling Anda suka saat membuat hand lettering?
Saya orang yang perfeksionis. Ada kepuasan tersendiri saat mengambil kertas kosong kemudian menghasilkan karya hand lettering yang smooth. Membuat hand lettering juga bisa melepaskan stres dan kejenuhan.
 
Butuh berapa lama untuk menyelesaikan sebuah karya?
Bervariasi. Kadang hanya satu hari, namun kadang bisa mencapai tiga minggu tergantung berapa banyak konsep yang mau dicoba.
 
Pernah membuat hand lettering untuk apa saja?
Pernah membuat logo untuk beberapa perusahaan startup yang menginginkan logo mereka bergaya hand lettering. Saya juga pernah bekerja sama dengan perusahaan asal New York yang bergerak di bidang finansial dan pajak. Saya diajak membuat t-shirt bertuliskan slogan perusahaan mereka dalam bentuk hand lettering
 
Jika ingin mempelajari hand lettering, apakah seseorang harus pintar menggambar?
Hand lettering memang seperti menggambar huruf, namun untuk mempelajari hand lettering seseorang tidak harus pintar menggambar. Tulisan tangan yang kurang bagus juga bukan merupakan halangan untuk belajar. Yang Anda perlukan adalah mengerti basic dan mempelajari sejarah hand lettering supaya bisa bergerak maju. Selain itu perlu memiliki kemampuan untuk mengobservasi dan mengeksplorasi.
 
Apa rencana Anda selanjutnya?
Ingin membuat hand lettering di berbagai media/produk yang bisa dipakai dan disukai banyak orang.
 
Teks Fathia Fauzia Pengarah Gaya Sasya Amanda Foto Shinta Meliza, Dok. Pribadi
 
 

Share this article :

Related posts