Cleo Indonesia

Jerry Surya Wijaya

‘Buah jatuh tak jauh dari pohonnya’. Meski sudah terjun ke bidang advertising, ternyata pria yang easygoing ini akhirnya memutuskan membuka showroom mobil, sama seperti ayahnya.


Kegiatan seperti apa yang Anda lakukan sehari-hari?
Saya mencari mobil sesuai permintaan klien dan melakukan lobbying jual-beli mobil untuk kelas middle-up. Selain memiliki showroom BAS Auto Gallery, bisnis yang sudah dua tahun saya jalani bersama kakak ini juga menerima jasa poles dan menjual pelek orisinal yang dibeli dari luar negeri.
 
Apa yang membuat Anda terjun ke bisnis mobil?
Meski saya sempat belajar advertising di London School of Public Relations dan bekerja di dunia ini selama dua tahun, kegemaran saya tetap di mobil. Saya banyak belajar dari ayah yang sempat membuka showroom mobil juga di tahun ’80an.
 
Apa yang paling sulit dari berbisnis mobil?
Secara umum, bisnis mobil di Indonesia fluktuatif sekali, bahkan cenderung turun. Kalau mobil tidak laku dalam beberapa bulan, ya siap-siap merugi.
 
Ketertarikan Anda selain dunia mobil?
Saya penggila olahraga. Jadi, dalam satu minggu saya bermain basket di hari Senin, kemudian Selasa saya bermain bola, sisanya saya nge-gym.
 
Bisnis mobil cukup riskan. Pernahkah Anda mengalami penipuan?
Sampai ditipu sih belum pernah. Hanya saja, banyak sekali orang yang mencoba menipu. Karena saya juga berjualan lewat internet, SMS penipuan bisa masuk ke ponsel hampir tiap hari. Untuk membedakan penipu atau calon pembeli asli bisa dilihat dari pesan yang masuk. Orang yang berniat membeli biasanya menanyakan hal secara detail, bukan seperti penipu yang rata-rata langsung deal dengan melihat informasi di internet.
 
Ada pikiran ingin membuka bisnis di bidang lain?
Tidak. Pekerjaan ini sesuai dengan hobi, saya sangat senang menjalaninya, dan menghasilkan uang. Semakin lama di bisnis mobil, koneksi saya pun semakin banyak.
 
Apa mobil impian Anda saat ini?
Mobil tua Ford Mustang Shelby GT 500 Eleanor dan Morris Mini Cooper seperti milik Mr. Bean yang di Indonesia jumlahnya bisa dihitung jari. Saya masih menabung nih.
 
Tips berbisnis mobil?
Salah satu orang yang menginspirasi saya adalah Bob Sadino. Saya setuju dengan kata-katanya bahwa bisnis yang bagus adalah yang dijalankan dengan cara ‘terjun’ dahulu, baru belajar sambil menjalankannya. Selain itu, dalam berbisnis mobil juga jangan sampai bersinggungan dengan utang atau piutang, catatan kriminal, serta harus bisa memahami harga pasar. Saya pernah salah menawar harga mobil dan jatuhnya rugi sekali. Terakhir, harus sabar dan pantang menyerah. Karena pasti akan ada  calon pembeli yang sudah berkali-kali bertemu, dealing harga, tinggal membayar DP, eh…berubah batal.
 
Apa hal yang sejak dulu ingin Anda lakukan?
Traveling keliling Indonesia, salah satunya Raja Ampat. Selain itu, saya adalah fans berat klub sepakbola Manchester United dan ingin sekali menonton aksi mereka di stadion Old Trafford.
 
Teks Novita Permatasari Foto Previan F. Pangalila
 

Share this article :

Related posts