Cleo Indonesia

Kecintaan Ferari Tioarbi Pada Kesenian

Pria kelahiran Bandung yang mengaku sebagai tipe orang yang spontan ini memiliki hobi yang unik, yaitu membuat meme di sela-sela pekerjaannya. Menurutnya, membuat karya yang bisa membahagiakan orang lain memberikan kepuasan tersendiri.


 
Halo, Ferari! Cerita, dong, apa saja yang Anda kerjakan sebagai seorang art director?
Biasanya setelah mendapatkan job order, saya melakukan brainstorming ide bersama tim, membuat konsep sekreatif mungkin dari segi visual untuk kepentingan print advertisement, televisi, dan campaign, mulai dari sketch, storyboard, hingga editing.
 
Menurut Anda, apakah yang wajib dimiliki seorang art director?
Good directing, pastinya. Seorang art director juga harus memiliki selera yang bagus, manajemen waktu yang baik, dan referensi art directing yang luas—tak hanya dari bidang advertising, tetapi juga bisa dari film.
 
Apakah memang sudah sejak dulu ingin berkecimpung di dunia yang sekarang?
Sebenarnya saya dulu ingin menjadi arsitek, namun akhirnya memilih banting setir karena suatu alasan dan melanjutkan studi di Multimedia University, Malaysia. Tetapi karena dari kecil saya sudah menyukai segala hal yang berhubungan dengan seni, saya sangat menikmati bidang ini. Saya juga berencana membangun bisnis start up di bidang desain yang ditujukan untuk social cause.
 
Kenapa social cause?
Karena belum lama ini saya mengalami turning point. Saya merasa berubah menjadi pribadi yang lebih baik dari sebelumnya setelah mengikuti beberapa kegiatan sosial di Indonesia Mengajar, tepatnya untuk Kelas Inspirasi dan Komunitas Inspirasi Jelajah Pulau. Kegiatan tersebut adalah salah satu hal yang menginspirasi saya untuk menciptakan sesuatu lewat seni yang bermanfaat buat orang lain.
 
Apa yang membuat Anda menyukai bekerja di industri advertising?
Saya bisa banyak belajar tentang ilmu komunikasi, karena saya berhubungan dengan banyak orang yang karakternya berbeda-beda. Bekerja di bidang advertising seperti bermain-main di playground, dan saya menikmatinya. Kalau bosan, biasanya saya siasati dengan mendengarkan musik world jazz seperti Putumayo atau Melody Gardot.
 
Proses pembuatan iklan yang paling unik?
Ketika membuat iklan bumbu masak di pabrik mereka yang berlokasi di Mojokerto. Pada waktu itu ada scene merobek daging yang menggunakan hand talent, dan ada sekitar 30 daging ayam yang harus dirobek, dan masih panas. Ternyata tak semudah yang saya bayangkan, karena ada kesalahan pada proses mengukus daging, sehingga saya dan beberapa tim harus membantu merobek-robek daging tersebut.
 
Hobi Anda?
Bikin meme. Hahaha… Ini semacam hiburan di tengah pekerjaan. Foto yang bagus adalah semacam pemicu untuk dirombak jadi hal yang lucu. Saya juga hobi di bidang musik. Zaman kuliah, saya sempat menjadi vokalis untuk band Indocoustic. Grup kami selalu diminta tampil setiap ada acara kampus yang dihadiri oleh Mahathir Mohamad dan Siti Hasmah, istrinya. Siti Hasmah sangat menyukai performance kami. Bahkan, setiap usai tampil, beliau selalu mendatangi kami untuk memberikan apresiasi.
 
 
Teks Novita Permatasari 
Foto Zaki Muhammad
 
 
 

Share this article :

Related posts