Cleo Indonesia

Kemas Dwisatria Ramadhana


Yang seru dari profesi sebagai ilustrator.



CLEO belajar dari Kemas Dwisatria Ramadhana, ilustrator dan pemilik akun instagram @kemasacil, bahwa menggambar berbeda dengan membuat ilustrasi.

Apa aktivitas Anda sehari-hari?

Saat ini saya bekerja di sebuah digital agency di Jakarta sebagai Art Director. Sudah empat tahun saya bekerja di bidang ini, dimulai dengan menjadi graphic designer sampai akhirnya menjadi art director.



Apa yang paling seru dari pekerjaan Anda?

Awalnya saya memilih bekerja di bidang ini karena coba-coba dan ternyata menyenangkan. Saya bisa mengeksplorasi pekerjaan dan membuat ilustrasi dengan menggunakan teknologi baru.

Saat ini Anda juga dikenal sebagai ilustrator. Sejak kapan suka membuat ilustrasi?

Sebenarnya saya suka menggambar dan membuat ilustrasi sejak kecil, sampai akhirnya memilih kuliah di jurusan Desain Komunikasi Visual.

Apa ilustrasi yang sering Anda buat?
Bermacam-macam, tetapi kebanyakan ilustrasi saya selalu berhubungan dengan binatang, seperti kucing dan anjing.



Sesuatu yang paling khas dari ilustrasi Anda adalah...
Tema ilustrasi saya selalu ‘berbau’ Jepang dan warnanya sedikit pastel. Namun, menurut teman-teman, ciri ilustrasi saya adalah hidung yang berwarna sedikit merah, seperti seseorang yang sedang pilek.

Dari mana Anda mendapatkan inspirasi untuk membuat ilustrasi?
Di jalan saat sedang naik Vespa atau kadang saat berada di kamar mandi. Kalau terkena air, entah mengapa otak sepertinya menjadi lebih encer.

Siapa ilustrator yang Anda kagumi?

Katsuya Terada (Jepang) dan James Jean (Taiwan) bisa membuat ilustrasi yang unik dan baru, sedangkan Kim Jung Gi (Korea Selatan) bisa membuat ilustrasi di sebuah tembok putih tanpa harus banyak berpikir. Kalau mereka bisa melakukannya, kenapa saya tidak?

Punya impian membuat apa?
Ingin menggambar ilustrasi di sebuah sekolah untuk membuat tempat itu lebih berwarna. Saya juga ingin mengumpulkan beberapa ilustrator untuk berkolaborasi membuat pameran.



Menurut Anda ilustrator adalah...

Orang yang bisa membuat sesuatu yang dianggap tidak mungkin menjadi mungkin, seperti membuat ilustrasi kuda yang bersayap. Kalau membuat sesuatu yang sama persis dengan yang ada di dunia nyata, itu hanya menggambar. Dengan tambahan imajinasi, itu baru namanya ilustrasi.

Apa harapan Anda untuk dunia ilustrasi di Indonesia?
Hasil karya ilustrator Indonesia bagus banget, tidak kalah dengan ilustrator luar negeri. Semoga semakin banyak orang yang memahami bahwa menggambar saja berbeda dengan membuat ilustrasi dan tidak menganggap ilustrasi itu mahal. Kalau mereka tahu proses pembuatan sebuah ilustrasi, mereka akan paham mengapa sebuah karya dihargai lebih mahal.

Apa arti sukses bagi Anda?
Saat orang lain memercayakan saya untuk membuat ilustrasi dan mereka suka dengan hasil karya saya. Selain mengajak saya untuk bekerja sama lagi, mereka juga merekomendasikan saya kepada teman-teman mereka.

Teks Fathia Fauzia
Foto Zaki Muhammad

Share this article :

Related posts