Cleo Indonesia

Meet Satrya Basiru, Our Barista from 1/15 Coffee Shop


“Ada satu hari bebas kopi yang saya selalu luangkan tiap minggu”




Menyukai Kopi Sejak Kecil
Dari kecil saya memang suka minum kopi. Dari dulu ayah sering membawa saya menikmati kopi meskipun cuma di warung. Saat kuliah, saya sudah sering bekerja part time di café-café. Awalnya pun bukan sebagai barista, tapi hanya sebagai teknisi mesin kopi. Bisa dibilang menjadi barista itu hobi yang jadi pekerjaan karena selesai kuliah akhirnya saya meneruskan bekerja di coffee shop. Padahal latar belakang pendidikan saya adalah Sastra Jerman, lho, hahaha...

Kopi buat saya adalah minuman favorit yang saya nikmati enam hari dalam seminggu. Sengaja saya sisihkan waktu satu hari bebas kopi karena sesuatu yang berlebihan pastinya tidak baik untuk tubuh, bukan? Hingga saat ini saya tak bosan minum kopi karena ragam kopi di dunia ada ribuan banyaknya. Kopi paling berkesan yang pernah saya minum sampai detik ini adalah Panama Esmeralda Gesha Coffee. Rasa yang ditawarkan kopi tersebut sangat unik karena alih-alih terasa seperti kopi, rasanya lebih seperti jasmine tea.

Ingin Mengikuti World Barista Championship
Setelah menjadi barista baru lah saya mengikuti berbagai kompetisi seperti Indonesia Barista Competition (IBC). Itu pun karena dikasih tahu oleh teman. Pertama ikut dari tahun 2011, saya mendapat gelar runner-up IBC regional Surabaya. Dua tahun kemudian saya ‘hijrah’ ke Jakarta dan kembali mengikuti kejuaraan IBC regional Jakarta 2013, di tahun itu saya juga menduduki peringkat kedua.

Keinginan untuk ikut bertanding di kejuaraan internasional pastinya ada, tapi untuk itu hanya dipilih yang menjadi juara pertama IBC nasional se-Indonesia. Sayangnya, tahun lalu saya hanya berada di posisi ke-6. Harapannya di tahun-tahun berikut saya bisa menjadi juara dan mengikuti kejuaraan World Barista Championship.

Belajar Jadi Mixologist
Berawal dari penasaran, sekarang ini saya sedang belajar kepada teman saya yang seorang mixologist. Baru tahap dasar sih, saya coba mencampur berbagai macam minuman. Mungkin karena pada dasarnya saya suka sekali makanan dan mencoba sesuatu yang baru, jadinya gampang saja beralih ketertarikan dari kopi ke minuman beralkohol. Bahkan saat ini saya sedang merencanakan untuk membuka beer house dimana saya akan menjadi mixologist-nya. Ya, baru impian saja tapi doakan tercapai ya.

IMELDA RAHMAWATI
FOTO: PETER F. MOMOR

Share this article :

Related posts