Cleo Indonesia

Meet The Instaguys Aditya Kuncoro, @aditpk


“Saya menggunakan Instagram untuk bersenang-senang, jadi tidak wajib untuk mengunggah foto setiap hari”




Instagram untuk senang-senang

Saya penasaran dengan Instagram setelah teman saya memberitahu tentang social media ini. Menurut dia, saya suka foto dan kenapa tidak mendaftar di Instagram saja. Instagram saya berisi tentang keseharian dan segala sesuatu yang ada di sekeliling saya. Saat berada di kantor, saya suka mengambil foto gedung, barang-barang, ataupun teman-teman. Karena tinggal di Jakarta, kebanyakan foto saya berhubungan dengan kehidupan urban dan lifestyle. Memotret hal-hal yang sering dilihat dan dilakukan merupakan sebuah tantangan karena Anda harus mengubahnya menjadi sesuatu yang lebih menarik di foto. Saya menggunakan Instagram untuk bersenang-senang, jadi tidak wajib untuk mengunggah foto setiap hari. Kalau sedang malas, biasanya saya menunggah foto #latergram, sedangkan kalau sedang mood, saya bisa posting sekitar tiga foto dalam sehari.

Suka foto klasik
Di Instagram, saya menyukai foto yang formatnya 16:9, sedangkan untuk mengedit foto, biasanya saya memakai aplikasi Snapseed dan VSCO Cam. Untuk tone foto, saya suka foto yang terlihat klasik atau seperti hasil foto dari kamera analog. Instagram membantu saya lebih mudah mengambil foto dengan kamera. Saya suka foto tetapi tidak membawa kamera setiap hari karena terasa berat. Akhirnya saya berlatih foto dengan menggunakan Instagram. Tantangannya adalah menggunakan kamera handphone yang terbatas, tetapi hasil fotonya bisa menjadi oke.

Pameran foto di Copenhagen
Ada beberapa foto saya yang mendapatkan banyak respons dan like lima ratus sampai seribu kali. Ada juga satu foto yang membuat saya ditawari untuk mengikuti pameran foto di Copenhagen. Foto yang paling berkesan buat saya adalah foto kota Hong Kong. Saya memotret Hong Kong dari atas dan bukan foto pemandangan, melainkan foto orang-orangnya. Kalau Anda sudah cukup dikenal di Instagram, ada kemungkinan Anda bisa mendapat endorse dari beberapa brand dan mendapatkan barang-barang tertentu. Tapi yang paling penting, Anda bisa mendapatkan teman baru di Instagram. Contohnya saat saya pergi ke Bali dan Surabaya, ada follower yang bertanya dan mengajak bertemu. Tidak enaknya, di Instagram ada orang yang pernah memakai hasil foto saya di akunnya. Sebenarnya saya tidak mempermasalahkannya asal tertulis credit nama saya.


FOTO: DHANNY SEPTIANTO, DOK. Instagram (http://instagram.com/aditpk)

Share this article :

Related posts