Cleo Indonesia

Ngdi Muliawan, Owner NGDI Architecs


“Kertas selalu membuat saya bersemangat”



Pekerjaan Membuat Bersemangat

Selain desain interior, saya juga mendesain bangunan atau arsitektur karena dulu kuliah arsitektur. Saat pertama kali bekerja di sebuah konsultan, saya memegang arsitektur dan desain interior. Dua bidang ini saling bersinggungan. Contohnya saat kita mengerjakan arsitektur sebuah rumah, setelah selesai klien mungkin meminta bantuan kita untuk mengerjakan desain interiornya. Nah, saya mulai memikirkan antara arsitektur dan desainnya. Pekerjaan saya seperti melakukan hobi karena tidak membosankan dan saya memang suka menggambar. Setiap kali melihat kertas, otak saya berjalan dan membuat saya semangat.

Ingin Estetika atau Fungsi
Yang paling seru dan menjadi tantangan dalam bekerja adalah saat mencari ide dan mengolah konsep menjadi sesuatu yang menarik. Saya memikirkan arah desain ini mau ke mana dan bisa mengeksplorasi sampai sejauh mana. Tidak muluk-muluk harus menjadi sesuatu yang baru atau yang pertama kali ada. Tapi lebih ke arah apakah desain ini cocok dan baik untuk klien. Membaca karakter klien cukup susah. Dengan mengobrol santai, kita akan mengetahui keinginan mereka. Tidak mungkin sejak pertama kali bertemu bisa langsung memahami kemauan mereka. Jadi saya akan bertanya apa keinginan mereka, misalnya estetika atau fungsi. Menurut saya, keinginan klien bisa memperkaya desain. Saya nggak bisa bilang “jangan” atau “itu tidak bagus”. Pencapaian paling membanggakan adalah kepuasan klien.

Membutuhkan Bantuan Desainer
Desainer yang saya kagumi adalah Eileen Gray (1878-1976). Bagi saya, dia menarik karena desainnya peka zaman. Apa yang dia ciptakan saat itu akan tetap menarik jika kita memakainya sekarang. Kehidupan dia terjadi jauh di belakang kita, tapi dia bisa melihat ke masa depan.

Menurut saya, nantinya akan ada banyak orang yang menggunakan jasa desain karena mulai menyadari kebutuhan profesi arsitek ataupun desainer interior. Contohnya, orang-orang mulai menyadari bahwa jika pada awalnya mereka tidak membangun rumah dengan benar, nantinya mereka mungkin akan melakukan renovasi kecil. Membangun rumah itu investasi dan biayanya tidak murah. Jadi, profesi arsitek dan desainer interior akan semakin menarik ke depannya.

FATHIA FAUZIA
FOTO: TODI HARIANTO

Share this article :

Related posts