Cleo Indonesia

Rizal Al Idrus, Superhero Baru Asli Indonesia


Melalui sosok Garuda, pria kelahiran Gorontalo, 17 Maret 1987, ini berubah dari dokter menjadi seorang superhero baru. Ini dia kisahnya.




Bagaimana awalnya Anda ditawarkan untuk main di film Garuda Superhero?
Sutradara film tersebut Mas X-Jo sempat mencari talent di Jakarta. Dia mencari wajah baru yang tidak memiliki image FTV atau sinetron, tapi sudah dikenal di dunia hiburan. Saya sendiri sempat menjadi brand ambassador untuk satu produk susu. Dia tertarik pada saya karena superhero dengan background profesi dokter itu belum ada sebelumnya. Meskipun profesi saya tidak diangkat dalam film, latar belakang tersebut diharapkan bisa memberikan sudut pandang positif pada penonton—bahwa tidak perlu jadi orang kuat untuk menjadi superhero.

Anda sendiri kenapa akhirnya mengambil peran ini?
Menurut saya, film ini dapat memberikan pengaruh positif, terutama pada anak-anak. Film ini dapat membuktikan bahwa Indonesia bisa membuat film dengan genre superhero/action. Sebagai seorang entertainer, saya pikir ini adalah sebuah tantangan peran. Ini pertama kali saya terjun ke film, menjadi superhero baru di Indonesia. Cerita dan proses pembuatannya pun menarik dengan full CGI dan special effect.

Boleh cerita tentang peran Garuda?

Saya berperan sebagai Bara/Garuda, seorang anak kaya raya Tuan Derma. Konflik dimulai saat ia tahu bahwa dirinya bukan anak kandung, tapi anak angkat. Ia dihadapkan pilihan untuk menjadi Garuda atau menjadi Bara yang keras kepala dan tidak bisa dipengaruhi.

Setelah melihat trailer & posternya, banyak yang berkomentar film ini seperti Batman, menurut Anda?

Indonesia terlalu lama untuk memulai film seperti ini. Marvel dan DC Comics itu sudah mengambil semua karakter, jadi karakter baru pasti akan dibilang sama dengan karakter yang sudah ada. Mas Jo sendiri sudah melakukan riset, kalau kita membuat superhero itu yang terlalu Indonesia, misalnya pakai batik, mungkin rasa superhero-nya berkurang, karena penonton di sini mungkin akan menganggapnya aneh. Supaya bisa lebih bisa diterima di kalangan anak muda, kita masuk dengan konsep superhero yang mereka sudah kenal sebelumnya—pakai baju besi, bisa terbang, pakai topeng, tapi namanya Garuda.
 
Proyek Anda ke depan?
Membuat klinik di Jakarta Selatan yang fokus pada klinik nutrisi. Yang datang bukan orang sakit tapi orang sehat untuk menjadi lebih sehat. Lainnya lagi adalah persiapan untuk spesialisasi dokter.

Teks Zunainah
Foto Todi Haryanto


Share this article :

Related posts