Cleo Indonesia

Rizky Kinos Fokus Menjadi Sportcaster


Selain demi uang, olahraga ternyata selalu jadi passion-nya.




Anda mungkin lebih sering melihatnya sebagai pembawa acara olahraga akhir-akhir ini. Pada CLEO, mantan penyiar radio ini bercerita memang sedang menikmati pekerjaannya saat ini, karena sepak bola dan dunia presenting adalah passion-nya. Rizky Kinos, CLEO Bachelor 2012,  juga membocorkan soal rencana masa depannya (Yes… it has something to do with wedding bell).

Ceritakan, dong, kesibukan Anda saat ini.
Masih membangun masa depan, termasuk mencari calon istri. Hehehe… Masih sibuk presenting dan nge-host, dan rencananya menjajal dunia tarik suara.

Bagaimana awalnya Anda menekuni dunia presenting?
Mulanya dari siaran. Sekitar tahun 2006, saat masih kuliah, saya sempat siaran di sebuah radio anak. Yep, radio anak! Saya menyapa pendengar saya dengan ‘sobat cilik’, saya disapa dengan Kak Kinos, sampai-sampai sering diledek teman-teman, ‘Kak Kinos, Kak Kinos’. Hahaha… Di radio tersebut sekitar enam bulan, saya kemudian mendapat tawaran dari sebuah radio anak muda ternama di Bandung, dan saya siaran di sana selama dua tahun. Di radio itu jugalah saya mulai belajar nge-MC. Sampai pada akhir 2008, saya ikut MTV VJ Hunt 2008. Saat itu saya benar-benar nothing to lose. Saya menjalankan dengan apa adanya, sama sekali tak dibuat-buat. Menang syukur, nggak menang ya sudah. Tapi ternyata saya keluar sebagai pemenang. Nah, karena radio di Bandung, sementara MTV di Jakarta, saya pun mengundurkan diri dari radio.

Bagaimana proses transisi dari penyiar, VJ, hingga jadi presenter?
Kalau jadi penyiar hanya suara, tanpa visual. Sementara di televisi, seseorang dituntut untuk enak dilihat tapi presenting-nya juga bagus. Saya belajar presenting secara otodidak dan sempat ikut sebuah sekolah presenter untuk mendapat basic ilmunya. Dua tahun melakoni profesi sebagai VJ MTV, saya lepas dari MTV dan mulai membangun image sendiri, hingga saat ini saya dikenal sebagai sportscaster. Selain membawakan tayangan sepak bola, saya juga sempat membawakan MotoGP dan F1. Pernah juga menjajal dunia acting dan komedi.

Kesulitan apa yang Anda hadapi sebagai sportscaster?
Saat membawakan acara sepak bola, saya harus mampu berubah 180 derajat—dari yang aslinya suka bercanda menjadi formal dan mengenakan baju rapi. Jika malamnya saya akan siaran, sedari pagi saya habiskan waktu dengan mencari dan membuat materi. Saya menyiapkan dan melatih cara berbicara dalam menyampaikan materi tersebut.

Apa yang Anda kejar dari pekerjaan ini?
Uang. Hehehe... Mungkin sebuah predikat. Saat ini saya sedang fokus sebagai sportscaster, jadi saya ingin lebih diterima lagi oleh orang banyak sebagai presenter olahraga, khususnya pemerhati sepakbola. Caranya? Saya harus membawakan acara olahraga dengan baik dan benar.

Anda yang dulu dan sekarang setelah punya nama, adakah bedanya?
Dulu keren, sekarang makin keren. Hehehe... Tidak, kok. Mungkin sekarang lebih mandiri, karena sekarang segala sesuatunya saya lakukan sendiri. Kalau dulu kan, masih tinggal dan dibiayai oleh orang tua.

Apa aktivitas yang biasanya dilakukan di waktu luang?
Olahraga, mulai dari futsal, basket, lari, bowling, dan sebagainya. Kadang-kadang belanja sendirian. Saya bukan tipe orang yang suka nongkrong atau clubbing.

Apa yang paling penting dalam hidup Anda?
Keluarga.

Masih ada cita-cita lain yang belum tercapai?
Hmm, saya ingin keliling Eropa mengajak orangtua.

Bagaimana jika calon pasangan Anda nanti ternyata kebalikan dari Anda, suka clubbing, misalnya?
Biasanya, kalau wanita yang karakternya seperti itu, secara otomatis akan tereliminasi sebagai calon pacar dengan sendirinya. Hehehe…

Coba deskripsikan diri Anda dalam beberapa kata.
Sporty, bersih, wangi. Hihihi…

Biggest fear?
Kesepian. Saya tak suka merasa kesepian. Tapi kalau sendirian, misalnya traveling sendirian, sih, suka.

Satu quote yang menjadi ‘pegangan’ Anda?
Besok gimana, bukan gimana besok.

RARA PUTRI DELIA
FOTO: JANE DJUARAHADI
PENGARAH GAYA: TENNY ROSYARIA
MAKEUP & HAIR DO: BUDI VALENTINO (0816907477)
BUSANA & AKSESORI: BURTON
LOKASI: OH LA LA MAISON, BELLAGIO BOUTIQUE MALL, GF FLOOR, JALAN MEGA KUNINGAN BARAT JAKARTA 12950 TELP (021) 30029725




Share this article :

Related posts