Cleo Indonesia

Sang Penikmat Kopi, Aji Darius


“Saya paling menyukai kopi arabika dan untuk kopi Indonesia, saya suka kopi Jawa Barat.”































Suka Kopi Jawa Barat
Saya menekuni dunia kopi sejak akhir 2009. Saat kuliah, saya dan teman kos suka ngopi bareng. Setelah lulus, saya mulai belajar tentang kopi dan mengambil kursus barista. Saya belajar cara membuat espresso, susu untuk cappuccino, latte art, dan lain-lain. Dulu saya berpikir bahwa hal ini hanya hobi, tapi seiring dengan berjalannya waktu, saya mulai menekuni sampai akhirnya saya masuk ke industri kopi yang sebenarnya dan dunia barista profesional. Saya pernah mengikuti kejuaraan barista nasional dan berkesempatan mengikuti kompetisi di luar negeri. Saya paling menyukai kopi arabika dan untuk kopi Indonesia, saya suka kopi Jawa Barat. Saat mengikuti kompetisi, saya ‘membawa’ kopi Jawa Barat karena saya lama tinggal di Bandung. Sebelum kompetisi, saya suka berkunjung ke perkebunan kopi supaya bisa mengetahui seperti apa kualitas kopi yang saya bawa.

Menyatukan Banyak Orang
Saat ini pekerjaan saya bukan full time barista yang berdiri di belakang meja, tetapi sehari-hari saya melakukan aktivitas membuat kopi. Saya bekerja di sebuah perusahaan pengolahan kopi dan distribusi mesin kopi pada bidang marketing, memberikan training untuk barista, dan fokus untuk customer support. Saya senang berada di industri kopi dan menjalani profesi ini. Buat saya, kopi bisa menyatukan seseorang dengan orang lain. Berkat kopi kita bisa mengenal orang lain dari latar belakang berbeda. Contohnya saat ada orang yang ingin mengetahui tentang kopi dan saya beritahu, lalu dia berbagi pengalaman lain tentang kopi. Saat ini saya masih belajar terus tentang kopi. Kalau melakukan coffee cupping sendiri mungkin akan bias jadi saya paling semangat kalau ada teman untuk berdiskusi. Kita harus terbuka untuk belajar karena nggak semua orang bisa menganggap kopi yang kita buat itu enak. Hari Sabtu dan Minggu saya suka bermain ke coffee shop milik teman-teman karena saya suka suasana kafe yang berbeda dan mereka punya kopi dengan bahan baku berbeda.

Cara Simpel Minum Kopi
Menikmati kopi merupakan hal yang simpel dan bisa dimulai dengan memilih kopi dalam bentuk roasted bean. Saat ini ada penggiling kopi manual dan mesin penggiling yang harganya tidak mahal. Setelah kopi menjadi bubuk dan kontak dengan udara, aroma dan rasa akan cepat hilang. Saat menyeduh, perhatikan komposisi air yang digunakan, misalnya 10 gram kopi menggunakan 150ml air panas (suhu 90-95 derajat). Sama seperti membuat sirup, kalau menggunakan air yang terlalu banyak rasanya juga tidak enak, kan? Untuk sehari-hari saya suka minum Americano. Kopi ini panas dan porsinya banyak, jadi harus dinikmati pelan-pelan.


Share this article :

Related posts