Cleo Indonesia

Special Beat from Noviar "Fire" Azwardi


“Saya lebih suka beat hip hop dan memainkan sound effect.” 




Sejak kapan mulai menyukai beatbox? Saat sedang mengisi acara orientasi mahasiswa di kampus, terjadi masalah pada alat musik band kami. Akhirnya saya mencoba nge-rap sendiri. Saat itu seorang junior menghampiri dan mengajak saya untuk tampil featuring dia. Ternyata dia adalah Jevin, salah satu pendiri komunitas Indo Beatbox. Sejak saat itu saya tertarik untuk mempelajari beatbox.

Beatboxer idola Anda? Saya kagum dengan teman-teman saya sendiri karena mereka mempunyai skill dan special sound yang bermacam-macam, salah satunya Billy yang namanya sudah terkenal.

Ciri khas Anda saat beatboxing? Saya lebih suka beat hip hop dan memainkan sound effect yang aneh-aneh, misalnya bunyi zipper dan bel tukang roti.

Tantangan saat tampil sebagai beatboxer? Harus tahu cara menarik crowd dengan benar karena tidak semua beat cocok untuk berbagai acara. Untuk menghibur penonton, kami bisa menyelipkan lagu di dalam beatbox.

Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menghasilkan sound baru atau sesuai dengan yang diinginkan? Tergantung. Saya butuh waktu cukup lama untuk membuat suara robot. Tenggorokan sakit dan saya sampai muntah-muntah. Meniru suara nyamuk juga susah.

Apa yang orang-orang biasanya tidak ketahui tentang beatbox? Kalau didengarkan dengan baik, beatbox adalah pengucapan huruf konsonan. Supaya bisa melakukan beatbox, step awal adalah menguasai bunyi huruf b, t, dan k yang mewakili suara drum.

Pengalaman paling menyenangkan selama menekuni beatbox? Bisa memperluas networking karena penikmat beatbox berasal dari latar belakang yang berbeda-beda. Saya pernah tampil di beberapa stasiun televisi dan diajak terlibat untuk membuat jingle dan voice over iklan produk terkenal.

Kalau ada orang yang tertarik belajar beatbox, mereka bisa belajar di mana?
Belajar dari YouTube saja, ada tutorial yang disediakan Indo Beatbox. Kalau merasa kurang jelas, bisa bertanya melalui Facebook atau bertemu langsung untuk sharing sesama beatboxer.

Yang Anda lakukan di waktu luang? Bermain basket atau futsal. Saya juga sering bermain piano.

Watch how he makes “fire” out of beatbox



FOTO: J. FAKAR

Share this article :

Related posts