Cleo Indonesia

Step into the beat with Jevin Julian


“Beatbox is my primary hobby.”




Kesibukan saat ini? Selain off air beatboxing, saya sedang mengerjakan music score untuk film Supernova dari novel karya Dewi Lestari. Ini merupakan film ketiga saya turut serta menggarap musik untuk film, sebelumnya di film Tenggelamnya Kapan van der Wijck (2013) dan 5 cm (2012).

Impian terbesar Anda? Menjadi music producer khusus soundtrack film profesional serta buat real band (bukan electro music band) seperti Radiohead dan Coldplay.

Jadi beatboxing itu kegiatan sampingan? Justru ini primary hobby. Karena beatboxing lah jalan saya terbuka lebar bertemu dengan musisi-musisi lain.

Yang membuat Anda jatuh cinta pada beatbox? Karena background studi saya adalah drum, saya terbiasa dengan bunyian seperti ketukan dan dentuman. Beatbox mencakup semua itu. Alasan lainnya, seni beatbox itu sangat unik, bayangkan saja hanya dengan mengeluarkan suara dari mulut bisa menghasilkan bunyian seperti drum—tanpa drum set, stick, atau colokan kabel.

Tantangan saat belajar beatboxing? Selain butuh kemampuan dan kesabaran yang kuat, tak jarang komentar miring dari sekitar juga muncul, bilang bahwa beatboxing adalah kegiatan yang aneh.

Beatboxer idola Anda? Beardyman berasal dari London, Inggris. Karya dan tekniknya sangat kreatif, mungkin karena dia dulu bekas stand up comedian yang selalu punya segudang ide dan cerita.

Hal yang membuat Anda semangat setiap hari? Musik. Saya tidak bisa membayangkan hidup tanpa musik. Sejak kecil ayah selalu memperdengarkan saya traditional jazz seperti karya saksofonis, Charlie Parker. Selain itu, berada di dekat orang-orang tersayang juga bikin saya happy.

Album musik yang tidak bisa lepas dari telinga Anda? Amok dari band Atoms for Peace, In Rainbows karya Radiohead, dan album Dynasty dari KOAN Sound, duo produser electro music asal Bristol, Inggris.

Yang Anda lakukan di waktu luang? Dengerin musik dan bikin musik. Hidup saya memang buat musik.

Take a listen to his sound!



ANGGARA DIALUSI
FOTO: J. FAKAR

Share this article :

Related posts