Cleo Indonesia

THE WEDDING SINGERS: Pungky Purnanto, 32



Dari choir sampai 3 Diva
Saya memang suka menyanyi dari kecil, ikut Bina Vokalia sejak SD, dan tergabung dalam choir. Sekarang saya lebih berdiri sendiri; menjadi backing vocal, menyanyi untuk jingle iklan, wedding singer, dan menjadi guru vokal untuk sebuah grup penyanyi wanita. Sebagai backing vocal, awalnya saya ikut Erwin Gutawa Orchestra dan 3 Diva. Sekarang saya bergabung dengan Andi Rianto dalam Magenta Orchestra, tapi kadang juga ikut dengan Purwacaraka Orchestra.

Awalnya nerdy jadi percaya diri
Saya terjun ke dunia nyanyi profesional sejak 1998. Menyanyi itu buat saya sama pentingnya seperti bernapas. I love my job walaupun biasanya saat weekend saya harus bekerja. Bernyanyi juga banyak memberi pengaruh positif bagi saya. Saya dulunya nerdy dan nggak pintar bicara. Tapi tuntutan untuk  tampil percaya diri dan menghibur orang di atas panggung, lama-lama memengaruhi kehidupan pribadi saya. Saya tidak takut lagi bicara di depan umum dan jadi punya banyak teman.

Sulitnya menyanyi dari hati
Menyanyi dengan bagus itu gampang, tapi yang susah adalah menyanyi dari hati dan tidak terikat pada teknik saja. Saya selalu berusaha mendalami setiap lirik lagu, jadi nggak perlu susah berimprovisasi. Selain itu, jangan pernah mencoba berusaha membuat orang lain kagum, karena hasilnya cuma menyanyi dengan bagus tapi tidak keluar dari hati.

Semua tantangan saya coba
Salah satu duka menjadi wedding singer, tamu yang datang tidak benar-benar memerhatikan kita karena tentu saja yang menjadi pusat perhatian adalah sang pengantin. Tapi kadang para tamu suka antusias juga, kok, kalau kita menyanyikan sebuah lagu. Kadang-kadang, bosan juga menyanyikan lagu yang itu-itu saja di acara pernikahan, seperti The Prayer. Hahaha… Satu pengalaman menarik, saya pernah menyanyi di acara pernikahan pasangan asal Italia dan Indonesia. Mereka meminta saya membawakan lagu-lagu milik Andrea Bocelli, sementara waktu yang tersedia bagi saya untuk berlatih sangat sempit. Ketakutan saya saat itu hanya dua; saya harus menyanyi seriosa yang bukan keahlian utama saya, dan karena sang pengantin pria adalah orang Italia, ia dan keluarganya pasti tahu kalau saya salah mengucapkan lirik lagu Italia. Untungnya saat acara berlangsung, saya bisa melakukannya dengan lancar. Seminggu kemudian secara tidak sengaja saya bertemu dengan pasangan ini di mall. Mereka memuji saya karena berhasil menyanyikan lagu-lagu permintaan mereka dan melafalkannya dengan baik. Bahkan saat itu mereka memberikan uang tip pada saya. Tentu saja saya senang karena mereka puas dengan hasil kerja saya.


My Playlist
Always on My Mind – Michael  Buble
Spend My Life With You – Eric Benet feat. Tamia
The Time of My Life – Dirty Dancing
For The First Time – Kenny Chesney
Get Here – Oleta Adams

Share this article :

Related posts