Cleo Indonesia

Video Komedi ala Jovialsra Da Lopez


Berawal dari modus hingga akhirnya serius.





‘Modus’ yang menguntungkan
Berawal dari adik saya (Andovi) yang memang rajin membuat video dirinya menyanyikan cover song. Andovi melakukannya sendiri karena dia sedang sekolah di India saat itu. Begitu kembali ke Indonesia, muncullah ide bikin video yang terinspirasi dari kejadian sehari-hari. Kami penasaran, bisa nggak ya video ini disukai banyak orang? Itu saja tujuan awalnya. Akhirnya video berjudul “Modus” diluncurkan via YouTube. Andovi menamakan akun YouTube-nya dengan skinnyindonesian24. Tak ada makna atau sejarah keren di baliknya, benar-benar apa adanya: kurus (well, ini Andovi sih), asal Indonesia, dan big fan of Kobe Bryant (nomor punggung 24).

Bermodal word of mouth di lingkungan almamater kami, Universitas Indonesia, serta bantuan social media, semakin banyak orang yang menonton “Modus” mampir ke indonesianskinny24. Sampai akhirnya, Raditya Dika (penulis buku, komedian, aktor), menonton dan menyukainya! Bisa dibayangkan dampaknya ke kami begitu dia menyebarkan “Modus” kepada jutaan follower-nya itu. Tahun lalu, saya dan Andovi dinobatkan sebagai Best Vlog Group di ajang Internet Video Stars 2013, dan sekarang jumlah subscriber kami mencapai hampir 150.000. What a surprise!

Planning is important
Kejutan yang menyenangkan tersebut membuat kami terpacu untuk terus membuat video. Sampai saat ini, kurang lebih 25 video telah diunggah ke YouTube. Meski mostly konten bermuatan komedi, jangan dikira membuatnya pun main-main. Saya dan Andovi menganggap serius penggarapannya. Setiap video yang dibuat harus melalui diskusi, scriptwriting, casting (kebanyakan teman-teman sendiri), dan yang paling menyusahkan, mencari lokasi syuting. Peralatannya nggak ribet dan mewah, kami cukup memakai kamera SLR, lampu LED besar, dan external sound. Saya pribadi menyukai dunia film dan teater. Meski hanya sebentar, saya sempat belajar teater di IKJ sebelum akhirnya lulus dari jurusan Fisika Nuklir di UI.

People love dumb things
Saya dan Andovi rajin membaca berbagai komentar yang muncul di akun YouTube kami. Jangan salah, banyak juga muncul kritikan serta komentar-komentar yang tak pada tempatnya. Tapi kami nggak patah semangat, kok. Sangat jelas kenapa orang-orang banyak mampir ke YouTube kami. Mereka mencari sesuatu yang konyol untuk escape dari kehidupan sehari-hari. Yap, people love dumb things. People like to laugh. Contohnya “Modus”. It’s so stupid but it works. Ke depannya, saya dan Andovi akan terus menyiapkan dan membuat video yang fresh dan relatable, mengungkap ‘keresahan’ anak muda sekarang. Jika mereka menyetujui apa yang kami tampilkan, pasti mereka bakal menyukai video kami.

Check out his YouTube: skinnyindonesian24

ANGGARA DIALUSI
FOTO: DACHRI MS

Share this article :

Related posts