Cleo Indonesia

Apa yang Harus Dilakukan Saat Pria Berduka?

Lakukan hal yang tepat saat pasangan atau teman pria Anda sedang berduka
 

Rasa duka karena kepergian orang yang dikasihi bisa dirasakan siapa saja, termasuk pria. Sebagai kekasih atau teman, bantu mereka melalui kesedihan dengan tips berikut.
 
Pria (tidak) harus kuat
Ketika kehilangan seseorang yang dicintai, tidak ada salahnya berkabung agar perasaan tersalurkan. Kesedihan adalah bagian dari proses penyembuhan dari rasa kehilangan. Anda bisa mencoba menjadi pendengar yang baik, terkadang ia hanya membutuhkan Anda untuk mendengarkan apa yang ia ingin utarakan. Sebagai orang terdekat, tentu saja ia mengharapkan Anda berada disamping melalui masa-masa sulitnya.
 
Hadiri Pemakaman
Upacara pemakana memberi Anda kesempatan menyampaikan penghormatan kepada orang yang meninggal dan mengekspresikan dukungan Anda terhadap keluarga yang ditinggalkan. Jadi sebaiknya, luangkan lah waktu meski Anda sedang sibuk.
 
Hindari kata-kata klise
Klise yang dimaksud di sini adalah kata-kata yang sederhana namun sebenarnya sulit untuk diterima, misalnya “Jangan khawatir, kamu akan mendapatkan lebih dari ini”. Komentar seperti ini tidak konstruktif dan malah menyakitkan
 
Men feel the need to be active
Rasa duka kadang membuat seseorang menjadi tidak bersemangat dan malas beraktivitas, hal ini wajar. Namun tidak sedikit pria yang ingin mensibukkan diri untuk menghapus rasa sedih mereka. Ajaklah mereka ke tempat yang tenang dan santai seperti ke gunung ataupun ke pantai.
 
Perhatikan tanda-tandanya
Pria yang menahan perasaan sedih dan dukanya bisa mengalami masalah jangka panjang yangs erius seperti depresi, penarikan diri dari lingkungan, penurunan kualitas hubungan dengan teman dan keluarga. Jika hal tersebut terjadi pada teman/pasangan Anda, ajak ia bicara betapa Anda mengkhawatirkan dirinya dan ingin membantu menolongnya.
 
Foto Pexels
 

Share this article :

Related posts