Cleo Indonesia

Menukar Mata Uang Sebelum Traveling

Perlu diketahui untuk pintar mengelola uang saat berpergian


Bepergian ke luar negeri berarti Anda harus mempersiapkan mata uang negara setempat sebeluym berangkat. Berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk pintar dalam menukar uang sebelum traveling.
 
Ketahui nilai tukar sebelum pergi
Ini akan membantu Anda saat akan menukar uang terutama di negara tujuan karena biasanya kursnya akan sedikit berbeda jika Anda menukarnya di Indonesia. Hal ini juga membuat Anda lebih mudah memperhitungkannya ke dalam bujet Anda.
 
Pilih penawaran terbaik
Jika Anda mempunyai cukup waktu, sebaiknya periksa nilai tukar mata uang di beberapa bank atau money changer untuk mencari nilai tukar yang paling menguntungkan. Hindari menukar uang di money changer  di bandara karena biasanya mereka menawarkan rate yang lebih tinggi ketimbang di luar.
 
Bawa uang Dollar Amerika
Kadang mata uang negara tertentu yang tidak terlalu populer di Indonesia seperti mata yang Dong (Vietnam), Rupee (Sri lanka), atau Kyat (Myanmar) sulit dijumpai di bebera amoney changer. Sementara di negara tujuan, kadang mata uang rupiah juga sulit diterima atau kurs yang ditawarkan merugikan Anda.  Sebaiknya, sebelum berangkat tukarkan mata uang rupiah Anda dengan Dollar Amerika, baru kemudian tukarkan uang Dollar dengan mata uang di negara tujuan.
 
Be aware of ATM Fees
Pada umumnya, Anda bisa mengambil uang di ATM bank setempat asalkan ATM Anda berlogo Visa atau Cirrus. Namun, perlu diketahui bahwa ada biaya tambahan jika Anda mengambil uang di bank di negara lain. Oleh karena itu Anda disarankan tidak menarik uang berkali-kali, namun sekali saja dalam jumlah besar.
 
Foto Pexels
 

Share this article :

Related posts