Cleo Indonesia

Our Favorite Eco-Friendly Hotels in Indonesia

CLEO mengumpulkan empat hotel terbaik di Indonesia untuk merasakan pengalaman beristirahat di penginapan yang ramah lingkungan.

 
Yogyakarta
Greenhost Boutique Hotel adalah sebuah penginapan yang menggabungkan konsep hotel yang eco friendly dan galeri seni yang kreatif.Memasuki hotel ini, Anda akan melihat koridor yang unikdan dihiasideretan tanaman. Bagian atas hotel disulap menjadi Greenhost Creative Farming, ladang sayuran hijau yang ditanam dengan metode hidroponik. Idenya adalah membawa kesegaran alam ke dalam ruangan dan memanfaatkan bangunan hotel menjadi area pertanian yang produktif. Nama hotel ini semakin terkenal setelah menjadi salah satu lokasi shooting film Ada Apa Dengan Cinta 2.
 
Pulau Sumba
Nihiwatu (Nihi) menawarkan penginapan berupavila dan rumah pohon. Kamar-kamarnya memiliki konsep terbuka, sehingga menghemat penggunaan lampu. Ketika membuka jendela, Anda akan mendapatkan pemandangan ke arah pantaiatau hutan. Harga sewa vilanya cukup mahal, tetapi sepadan untuk menikmati alam Pulau Sumba yang indah dan menakjubkan. Aktivitas yang Anda bisa lakukan di sekitar resort antara lain adalah trekking, bersepeda, dan snorkeling.
 
 
Pulau Flores
Berlokasi di dekat pantai Labuan Bajo, Bajo Komodo Ecolodge menyediakan kamar dengan fasilitas standar, seperti AC, air panas, tempat tidur dengan kelambu, dan free wi-fi. Namun pemandangan di sekitar penginapan ini sungguh menakjubkan, terutama saat matahari terbenam. Untuk mendukung konsep eco friendly, penginapan ini memanfaatkan tenaga surya dan mendaur ulang sampah. Di samping itu, lingkungan di sekitar penginapan dijadikan sebagai kawasan konservasi dan tempat tinggal yang nyaman untuk burung-burung.
 
Papua
Papua Paradise Resortdi Pulau Birie, Raja Ampat menyediakan bungalow yang dibangun dengan konsep rumah panggung yang kokoh dan mengedepankan gaya tradisional. Kamarnya luas dan nyaman dengan ventilasi yang bisa disesuaikan dengan keinginan Anda. Sempurna untuk beristirahat setelah menyelam atau sekadar snorkeling.Resort ini memiliki akses ke air bersih, sehingga mereka tidak perlu menggunakan water purifying system yang menghabiskan energi.
 
 
Teks Fathia Fauzia
Foto Dok. Nihiwatu, Dok. Greenhotel, Dok. Bajo Komodo Ecolodge, Dok. Papua Paradise Resort
 
 
 

Share this article :

Related posts