Cleo Indonesia

Tips Nyaman Berkendara Jarak Jauh


Mengendarai mobil dalam perjalanan jauh tak harus membosankan dan menyusahkan




Kadang Anda harus mengemudi ke luar kota dengan jarak yang cukup jauh. CLEO memberi tips untuk Anda agar tetap aman selama dalam perjalanan.

  • Selalu beristirahat setiap empat jam atau pada jarak tertentu, misalnya setiap 150 km. Mampirlah di SPBU atau minimarket untuk meluruskan kaki dan. Bila Anda, lelah tak ada salahnya untuk tidur sejenak. Masa istirahat ini juga bisa menjadi kesempatan bagi Anda untuk mengecek kondisi mobil.
  • Mengemudi di jalur antar kota berarti Anda akan berhadapan dengan kendaraan berukuran besar seperti truk dan trailer. Bila di depan Anda ada kendaraan seperti ini, Anda mesti lebih waspada karena daya pandang menjadi terbatas. Anda juga akan sulit memprediki gerakannya karena bisa saja mengerem secara mendadak sehingga risiko menabrak menjadi besar. Oleh karena itu, jagalah jarak aman dengan kendaraan seperti ini. Jika situasinya aman, baru Anda boleh menyalip mereka. 
  • Mengemudi jarak jauh membutuhkan konsentrasi tinggi. Oleh karena itu sebaiknya Anda tidak membiasakan diri mengangkat telepon saat menyetir di jalan antar kota yang ramai. Siapkan perangkat handsfree sebelum berangkat agar konsentrasi Anda tidak terganggu untuk mengangkat telepon. Saat ini juga sudah banyak mobil dengan fitur synchronize yang bisa menghubungkan gadget Anda dengan audio di dalam mobil sehingga Anda bisa menerima panggilan telepon dengan lebih aman. 
  • Menyetir jarak jauh sangat melelahkan, namun kadang orang tidak menyadari kalau dirinya sudah capek. Berikut beberapa ciri bahwa Anda butuh untuk segera beristirahat: terus-terusan menguap, tubuh mulai terasa kaku, mata terasa berat, Anda mulai melamun dan memandang mobil di depan dengan pikiran kosong, dan mobil yang Anda kendarai mulai keluar jalur.
Baca juga: Road Trip Fun


Foto Fotosearch

Share this article :

Related posts