Cleo Indonesia

Travel With A Cause

Berlibur bukan hanya bersenang-senang, tapi bisa sekaligus berbagi pada masyarakat setempat.

Kalau Anda masih berpikir bahwa liburan hanya diisi dengan kegiatan bersenang-senang semata, kenapa mulai sekarang Anda mulai melakukan sesuatu agar perjalanan Anda menjadi lebih berharga? Salah satunya dengan cara berbagi dengan masyarakat di tempat tujuan Anda berwisata. Konsep inilah yang di usung oleh Travel Sparks, sebuah biro perjalanan wisata yang tidak komersial dan seluruh profitnya didonasikan untuk meningkatkan literasi dan kualitas pendidikan di daerah pelosok Indonesia Timur. Destinasi wisata yang dituju biro perjalanan dalam bentuk social enterprise ini berfokus di kawasan Flores, Nusa Tenggara Timur, termasuk Pulau Komodo dan sekitarnya.

Menurut Founder & CEO Travel Sparks, Nila Tanzil, ia ingin wisatawan yang berlibur juga memberi dampak positif kepada masyarakat dan daerah yang mereka kunjungi. “Kami percaya hal ini dapat dilakukan dengan konsep voluntourism dan melalui pemberdayaan masyarakat setempat. Semua yang terlibat dalam perjalanan wisata kami, mulai dari tour guide, pemilik mobil, kapal, dan lain-lain adalah masyarakat setempat. Ini akan menambah lapangan pekerjaan dan meningkatkan taraf hidup mereka,” ujarnya.


Keuntungan yang diperoleh dari Travel Sparks sepenuhnya akan disalurkan untuk Taman Bacaan Pelangi, sebuah organisasi nirlaba yang berfokus mendirikan perpustakaan anak-anak dan menyediakan akses buku bacaan untuk anak-anak yang tinggal di daerah terpencil di Indonesia Timur. Sampai saat ini, Taman Bacaan Pelangi telah mendirikan 37 perpustakaan anak-anak yang tersebar di 14 pulau di Indonesia.

Melalui konsep voluntourism, wisatawan akan diajak untuk melakukan kegiatan sosial di lokasi perpustakaan Taman Bacaan Pelangi untuk menginspirasi anak-anak setempat. Bentuknya bisa story telling, mengajar keterampilan dan seni, dan lain-lain. Namun jika Anda tidak ingin melakukan aktivitas seperti itu pun tidak apa-apa, karena profit dari perjalanan Anda tetap akan diberikan ke Taman Bacaan Pelangi.

Travel Sparks menyediakan paket wisata yang bisa diatur sesuai permintaan dan hobi masing-masing wisatawan, misalnya island hopping, snorkeling, diving, trekking, atau Flores Overland Tour. Anda bisa mengunjungi www.travelsparks.co untuk informasi lebih lanjut.

Teks Prihandhini Foto Dokumentasi Prihandhini
 

Share this article :

Related posts