Cleo Indonesia

Traveling Murah di Negeri Sendiri

Banyak jalan menuju Roma, seperti juga banyak cara untuk mengakali jalan-jalan murah di Indonesia



Katanya traveling lokal itu mahal. Dengan harga yang sama, banyak orang berpikir untuk memilih perjalanan luar negeri ketimbang dalam negeri. Padahal belum tentu demikian, yang penting Anda harus tahu triknya. Kini dengan kondisi nilai tukar dolar yang tidak kunjung stabil, malah cenderung naik, saatnya Anda jalan-jalan di Indonesia. Berikut cara-cara yang diterapkan oleh tim CLEO untuk menjadikan traveling di negeri sendiri lebih murah.

Tinggal di rumah saudara atau teman
Buat daftar saudara atau teman-teman Anda yang berada di kota lain di Indonesia. Hubungi untuk kemungkinan menumpang tinggal di rumah mereka saat Anda akan berkunjung ke kota tersebut. Meskipun hanya menginap satu atau dua malam, hal ini jelas akan meminimaliskan total biaya akomodasi hingga 30%.

Makan kaki lima
Hal ini jelas lebih mudah dan aman untuk turis lokal. Kenapa? Lidah dan perut Anda bisa jadi tidak terlalu sensitif seperti wisawatan asing terhadap makanan kaki lima. Selain bisa kenyang dengan harga lebih murah, ini juga bisa jadi kesempatan Anda untuk mencicipi cita rasa lokal.

Traveling berkelompok
Bukan bersama agen travel, tapi menyusun perjalanan bersama teman-teman sendiri saja. Saran CLEO, idealnya adalah kelompok berempat. Ini akan memungkinkan Anda untuk berbagi kamar dengan nyaman—dua orang untuk satu tempat tidur sedang/besar atau satu kamar. Grup berempat juga memudahkan Anda untuk menyewa satu kendaraan tanpa berhimpitan dengan nilai patungan yang lumayan murah.

Cari transportasi alternatif
Serunya lagi dalam traveling local, pesawat bukan satu-satunya pilihan transportasi untuk mencapai tempat tujuan Anda. Masih ada kereta, bus, atau kapal laut—tentu saja dengan waktu yang pastinya akan lebih lama. Sampai di tempat tujuan pun, biasanya masih ada angkutan umum lokal (misalnya angkot, becak, ojek) dengan harga yang lebih murah dari menyewa mobil, yang bisa Anda manfaatkan untuk berkeliling. Anda harus cukup cermat mencari pilihan transportasi lain saat menghitung bujet.

Maksimalkan bakat menawar
Ini cukup penting untuk diasah. Jangan jadi turis di negeri sendiri. Beranikan diri untuk menawar saat belanja (misalnya makanan atau oleh-oleh) jika memang dirasa harga yang diberikan terlalu mahal. Cari tempat belanja atau tempat makan lokal yang jarang dikunjungi turis. Ini juga bisa jadi salah satu cara untuk menghindari harga yang membengkak.
 
Baca juga: 5 Alasan Memilih Liburan di Dalam Negeri


Teks Zunainah
Foto Fotosearch
 

Share this article :

Related posts